Badak Sumatera Diperkirakan Sudah Punah

Badak Sumatera diperkirakan sudah punah.

KERINCI (jurnalberita.com) – Saat ini keberadaan Badak Sumatera (Dicherorinus Sumatrensis) di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) diperkirakan sudah punah, karena jejaknya sudah tidak ditemukan lagi.

Staf Balai TNKS, Dedi, di Kerinci, Jumat (29/10/2010), mengatakan, dari patroli, pemantauan dan pencatatan yang dilakukan sejak 2008, pihak TNKS sudah tidak lagi menemukan jejak, bekas kubangan, goresan cula di batang pohon dan aroma urinenya, yang merupakan kebiasaan naluriah hewan dalam menandai wilayah kekuasaannya.

Diyakini, sejak 2008 Badak Sumatera sudah punah dari rimba TNKS, meskipun pihak TNKS hingga saat ini belum mengeluarkan pernyataan resmi kepada Kementerian Kehutanan.

Meskipun di rimba TNKS keberadaan badak Sumatera tersebut sudah tidak lagi ditemukan, bukan berarti populasi badak Sumatera sudah punah di Sumatera sebagai habitat aslinya.

“Mungkin di daerah atau kawasan lain populasi hewan dilindungi itu masih cukup besar, seperti di Lampung dan Bengkulu,” kata Dedi.

Keberadaan habitat badak Sumatera di Kerinci sebelumnya dapat dijumpai di Lempur, Birun, Ulu Sipirok dan Bukit Tapan. Kini di kawasan tersebut sama sekali sudah tidak ditemukan lagi adanya tanda-tanda keberadaannya.

Meskipun satwa langka badak Sumatera sudah hilang dari rimba TNKS, namun masih ditemukan jenis satwa lain yang sebelumnya telah dinyatakan punah ternyata masih ada, seperti Kelinci Kerinci dan burung Abang Pipi (Lophura Inornata). “Ternyata belum punah dari rimba TNKS, hanya saja untuk dapat menjumpai satwa ini tergolong sangat sulit,” ungkap Dedi. (surya/jb1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site