Ayik Suhaya: Proyek Umbulan Penuh Konspirasi Politik

Gus Ipul Didesak Mundur

\"\"

PASURUAN (jurnalberita.com) – Demo untuk menolak proyek Umbulan kembali digelar di beberapa tempat, mulai dari kantor PDAM Kota Pasuruan di Jl Erlangga, kantor Pemkab Pasuruan di Jl Hayam Wuruk, kantor Pemkot Pasuruan di Jl Pahlawan, dan Gedung DPRD Kota Pasuruan di Jl Balaikota, Kamis (18/11/2010) siang.

Menuding proyek Umbulan penuh konspirasi politik, Bupati LIRA Ayik Suhaya, dalam orasinya menegaskan, pihaknya menolak eksploitasi Umbulan dan mendesak untuk membatalkan MoU antara Pemkot dan Pemkab Pasuruan dengan Pemprov Jawa Timur. Oleh karena itu ia mendesak Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, Wakil Bupati Pasuruan, Eddy Paripurna, dan Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Irsyad Yusuf, untuk mundur dari jabatannya karena tidak lagi amanah.

Di tempat terpisah, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, yang ditemui saat silaturahim di Pondok Kramat, Kraton Pasuruan, menegaskan, proyek Umbulan tetap akan dilanjutkan. Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul menghargai berbagai pendapat yang berbeda, namun ia berharap penyampaian aspirasi disampaikan secara benar.

Ia menegaskan, pihaknya akan selalu terbuka untuk menampung aspirasi dari semua pihak. Untuk membangun proyek Umbulan, Pemerintah Jawa Timur akan mengajak bicara semua pihak. “Tidak mungkin dalam situasi seperti sekarang ini ada konspirasi politik dalam penanganan proyek Umbulan,” katanya.

Ia memaklumi jika kebijakan tentang Umbulan tidak bisa menyenangkan semua orang, namun jika pendemo mendesak dirinya untuk mundur dari jabatannya, maka hal itu sudah tidak sesuai lagi dengan tujuan demo.

“Tuntutan agar saya mundur dari jabatan sifatnya sudah sangat pribadi,” kata Gus Ipul.

Dalam menjelaskan tentang proyek Umbulan, dirinya mewakili kapasitas Gubernur Jawa Timur, sedangkan posisi Pemprov Jawa Timur sebagai wakil Pemerintah Pusat. “Jika ada tuntutan agar saya mundur dari jabatan, itu artinya demo sudah tidak tepat sasaran,” katanya.

Gus Ipul juga menilai tuntutan para aktivis LSM soal rencana proyek Umbulan juga tidak jelas. Sementara warga Umbulan yang telah diajak bermusyarawah soal rencana proyek Umbulan juga sudah tidak ada masalah. (surya/jb1)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*