NTB Kekurangan Bidan Profesional

\"\"MATARAM (jurnalberita.com) - Sebanyak 38 desa belum memiliki bidan yang bisa memberikan pelayanan medis kepada masyarakat.

‚ÄúDari 910 desa di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang tercatat, 872 desa atau 96 persen sudah memiliki bidan, sisanya 38 desa atau 4 persen, belum ada bidan,\” kata Kepala Bidang Bina Kesehatan, Dinas Kesehatan NTB Khaerul Anwar, di Mataram, Minggu (2/1).

Disebutkan, 872 bidan desa tersebut tersebar di 10 kabupaten/kota yaitu Kota Mataram 23 orang, Kabupaten Lombok Barat 86 orang, Lombok Tengah 160 orang, Lombok Timur 115 orang dan Lombok Utara 22 orang.

Untuk wilayah Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak 52 orang, Sumbawa 143 orang, Dompu 57 orang, Bima 159 orang dan Kota Bima sebanyak 55 orang.

Namun yang menjadi permasalahan, kata Khaerul, dari seluruh bidan desa tersebut, sebanyak 645 orang tidak tinggal di desa tempatnya bertugas dan tinggal di tempat lain dengan alasan ikut tugas suami dan lainnya.

\”Padahal keberadaan bidan sangat dibutuhkan hampir selama 24 jam. Kondisi itu tentu merugikan masyarakat yang ingin konsultasi masalah kesehatan terutama para ibu hamil atau yang sudah melahirkan,\” ujarnya.

Menurut dia, adanya desa yang belum memiliki bidan dan adanya bidan yang tidak tinggal di desa tempatnya bertugas menjadi salah satu kendala dalam mewujudkan program Pemerintah Provinsi NTB yakni menurunkan angka kematian ibu dan bayi menuju nol (Akino) dan menekan kasus gizi buruk. (mic/jb1)

Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*