PLN Jatim Bertekad Wujudkan Pelayanan Berstandar Internasional

Surabaya (jurnalberita.com) – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur (Dis Jatim) bertekad mewujudkan pelayanan berstandar internasional. Karenanya, perusahaan pelat merah ini berusaha menekan angka padam.

Hingga akhir 2010, dari 16 area, Pamekasan masih masuk dalam kategori merah, karena masuk peta padam dengan tingkat 25 pemadaman per pelangan/tahun.  Sementara Ponorogo masuk dalam kategori kuning karena masih ada 10 pemadaman/pelanggan/tahun.

“Untuk memenuhi standar internasional, maka tingkat pemadaman tersebut maksimal harus 9 kali pemadaman/pelanggan/tahun. Kita sedang menuju kesana,” kata Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Area Distribusi Jatim, Arkad Matulu, pada wartawan, Rabu (26/1/2011).

Untuk area yang masuk dalam kategori peta merah, kata Arkad, akan diusahakan menjadi kuning, sedangkan peta kuning seperti akan ditingkatkan menjadi hijau.

Dikatakannya, faktor yang menyebabkan peta padam  dua daerah itu disebabkan pepohonan yang produktif. Aliran listrik yang melewati wilayah perkebunan juga terganggu.

Masalah pemadaman yang dijadikan landasan standar pelayanan, kata Arkad, adalah pemadaman di luar force majeur, arti pemadaman yang tidak disebabkan faktor alam, misalkan karena petir, tanah longsor, ataupun penyebab alam lain. “Ada juga penyebab padam dari kabel yang sudah rantas ataupun trafo yang sudah overload,” tuturnya.

Dalam upaya memperkecil tingkat pemadama di wilayah Madura dibutuhkan ketelatenan, data tingkat lossing masih tinggi begitu juga dengan pencurian listrik. “Pemahaman pentingnya pelayanan listrik pada semua lapisan masyarakat akan terus kita tingkatkan. Selain ke tokoh masyarakat kita juga akan menjalin komunikasi dengan muspida setempat,” pungkasnya. (jb1)

Tags: , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

4 Responses

  1. PLN nggak usah muluk2 dah.Selama ini saja pelayanan pln sangat jelekkkkk…malah banyak merugikan pengusaha mikro.Tarif tinggi, telat bayar didenda,bahkan diputus.Yang sangat merugikan, mati lampunya seenaknya.Benahi dulu SDM,malah hari ini tgl 1 info tagihan billing online payah!!!masih untung kalo mati lampu sebulan dua kali, ini seminggu sampai 3 kali. di ponorogo.Bohong kalau di ponorogo 10 pemadaman/tahun.bohong!!

  2. Saya sangat terganggu dengan pemadaman listrik yg sering terjadi di tempat tinggal saya,padahal rmh saya dikota besar. Sudah sering saya keluhkan ke PLN online 123 setiap pemadaman, tapi sampai sekarang rumah saya masih sering mati lampu. Setiap padam mesti sore s/d malam hari, dan itupun gak sekali mati. Yang mati tidak semua,hanya beberapa rumah saja.Setelah nyala beberapa menit pasti mati lagi.
    Itu kan sangat merugikan sekali, barang-barang saya cepat rusak, tagihan saya membengkak, anak saya rewel krn kepanasan, dan masih banyak lagi. Dalam awal bulan februari, saja krg lebih sudah 4 kali pemadaman (tgl. 6,8,10,13) dan tidak lansung menyala terus,tapi habis padam,nyala gak lama kemudian padam lagi,dan saya harus selalu menghubungi PLN 123.
    Tolong pihak PLN memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya.
    terutama PLN Kenjeran harap jangan sering2 mati lampu. Sangat- sangat merugikan….

  3. maff pak di daerah besuk kraksaan jawa timur sekarang padam tolong cepat di tanggulangi karna kami membutuhkan listrik buat usaha kami yg tercegat

  4. Betuul kata komentator diatas bukan 10 % lagi tapi hampir 50 %. TDL aja mau naik terus tapi kinerja bobrok pantas saja dirjenya diperiksa kpk. Kami harap PLN segera berbenah gak usah ke internasional ngurusi nasional aja gak becus payah banget PLN kami merasa sangat dirugikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site