Kapal Patroli BC Diserang, Dua Petugas Terluka

foto : Ilustrasi / Ist

BATAM (Jurnalberita.com) – Peristiwa anarkis kembali terjadi. Penangkapan kapal Raja Mandiri oleh aparat Bea Cukai Batam berbuntut. Kapal patroli Bea Cukai 7004 diserang ratusan orang di Pelabuhan Mahobar, Batu Ampar, Batam Sabtu dini hari sekitar pukul 04.00 WIB. Akibatnya kapal patroli milik Bea Cukai mengalami kerusakan parah dan dua petugas mengalami luka.

Suryana, Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Bea Cukai Batam mengatakan, kelompok penyerang ini berjumlah kurang lebih 150 orang tersebut diduga preman yang menyelundupkan ribuan botol minuman keras. Sehari sebelumnya, aparat Bea dan Cukai berhasil menyita dua kapal yang menyelundupkan miras dari Singapura yakni KM Muara Jaya dan KM Surya Indah.

Ratusan orang yang diduga preman itu mempersenjatai diri dengan senjata tajam dan bom Molotov. Mereka tiba-tiba mendatangi Terminal Kargo Batu Ampar dengan menumpang empat truk dan menuntut pembebasan kapal Raja Mandiri yang sebelumnya diamankan aparat Bea dan Cukai Batam.

Warga sempat menguasai kapal dan nyaris membawa tangkapan BC berisi barang bekas ke Pelabuhan Rakyat Sengkuang. Namun, dicegah aparat Bea dan Cukai, hingga terjadi aksi baku tembak dari keduabelah pihak.

“Ketika kapan partoli Bea Cukai menggiring dua kapal  yang bersandar di dermaga, ternyata di sana sudah ada ratusan orang yang membawa senjata tajam dan bom Molotov,” ujarnya.

Suryana juga mengatakan, saat itu hanya ada 15 petugas Bea Cukai yang berpatroli. 15 petugas Bea Cukai ini pun tidak bisa melakukan perlawanan meski memang dipersenjatai. Alasannya, lokasi terjadinya penyerangan berada di daerah vital. “Akhirnya 2 kapal yang disita itu lepas. Mereka tidak mau terjadi baku tembak karena itu di lokasi vital,” jelasnya. (jb2/*)

Tags: , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. ini BARU ANARKIS
    kalo aparat negara aja diserang WARGA/PREMAN macam gitu
    JANGAN DIBERI AMPUN DONG segera tangkap dan CARI DALANGNYA.
    polisi dan tni harusnya pro AKTIF membantu BEACUKAI
    kalo polri dan tni diam aja jangan2 ada apa ya????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site