Kapolres Himbau Kandidat Tak Lakukan Provokasi

TUBAN (Jurnalberita.com) – Kapolres Tuban, AKBP I Nyoman Lastika menghimbau para kandidat Bupati-Wakil Bupati yang bakal bertarung pada Pemilukada Tuban, Maret mendatang, tidak melakukan upaya-upaya provokasi.

Hal itu disampaikan Kapolres saat memberi sambutan pada acara Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK)  Tuban di Gedung KSPKP, Jl Wahidin Sudirohusodo, Jum’at (11/2).

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga meminta agar para kandidat Bupati-Wakil Bupati tidak menggunakan symbol-simbol keagamaan sebagai alat untuk meraih dukungan massa.

Alasan Kapolres, simbol-simbol agama memiliki tingkat resistensi cukup tinggi sehingga sangat mudah memicu timbulnya konflik. “Kita hindari terjadinya konflik bernuansa SARA. Mohon para Cabub-Cawabub tidak mengeksplotir agama sebagai alat kampanye,” himbau Kapolres.

Menurut Kapolres, Cabub-Cawabub adalah orang-orang yang sudah pasti memiliki banyak kelebihan disbanding rata-rata masyarakat, baik dari segi intelektual, pengalaman maupun kepribadian.

Untuk itu, kata Kapolres, tidaklah layak apabila Cabub-Cawabub memberi teladan negative dengan melakukan tindakan-tindakan yang bisa memicu munculnya konflik. Sebab, lanjutnya, tujuan maju sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati tentu untuk menciptakan peri kehidupan yang lebih baik, maka selayaknya bila masing-masing kandidat menunjukkan sekap arif dan bijaksana.

\"\"

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, pihaknya tidak akan segan melakukan tindakan terhadap siapapun yang terbukti melakukan pelanggaran aturan Pemilukada, atau melakukan tindakan-tindakan yang memicu timbulnya situasi tidak aman. Ia menegaskan, aparat Polres Tuban akan berdiri netral dan tidak pandang bulu.

“Sebagai aparat keamanan, kami berwenang melakukan tindakan apapun yang diperlukan demi terciptanya Pemilukada yang aman, tertib dan lancar. Tidak peduli siapa yang melanggar, kalau terindikasi adanya tindak pidana, maka kami tak segan-segan melakukan tindakan,” kata Kapolres.

Secara khusus Kapolres menghimbau agar para Cabub-Cawabub tidak melakukan upaya-upaya money politik untuk mendapatkan dukungan pemilih. Menurut Kapolres, money politik menyebabkan Pemilukada berjalan tidak fair dan sangat potensial memunculkan kerawanan keamanan.

Dia dengan tegas mengatakan, pihaknya akan terus memantau kegiatan Cabub-Cawabub. Jika ditemukan indikasi adanya praktik money politik, Kapolres bernjanji akan menindak tegas siapapun pelakunya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPUK Tuban, Sumito Karmani, berharap, para kandidat benar-benar merealisasikan janji untuk melakukan kampanye dengan tertib, damai dan tetap menjaga keamanan, kesantunan dan ketentraman yang telah diucapkan dan ditandatangi bersama.

Menurut Sumito Karmani, deklarasi pelaksanaan kampanye damai bukan sekedar acara ceremonial, namun ditujukan untuk mengikat komitmen moral para peserta Pemilukada.

Tidak sebatas Kandidat Bupati-Wakil Bupati, tetapi semua komponen yang terlibat dalam Pemilukada, wajib berkomintmen melaksanakan Pemilukada damai, tertib, fair dan aman. “Saya harap para Cabub-cawabub dewasa dalam berpolitik. Juga para Tim Suksesnya. Kalah-menang itu sudah biasa, maka saya harap semua pihak tidak hanya siap untuk menang, tetapi juga siap untuk kalah,” pesan Sumito karmani.

Dalam acara Deklarasi Kampanye Damai tersebut, tidak terlihat adanya persaingan antar masing-masing kandidat. Mereka justru terlihat akrab, saling rangkul dan bergurau. Bahkan Kristiawan, Cabub yang diusung Partai Golkar, yang dikabarkan sangat antipati dengan Bambang Lukmantono, salah seorang Cabub dari independent, terlihat sangat akrab. Namun ada yang ganjil dalam acara tersebut.

Semua kandidat hadir berpasangan. Hanya Kristiawan yang terlihat hadir seorang diri, tanpa didampingi Dra. Hj. Haeny Relawati Rini Widiastuti MSi. Menurut Tim Pemenangan Kristiawan-Haeny (TANI), Haeny tidak bisa hadir lantaran harus menjadi Inspektur Upacara di UTSG, anak perusahaan PT Semen Gresik Tbk. Kampanye Pemilukada sendiri rencananya mulai digelar Sabtu (12/2). (jb8/jb2)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*