Mutasi Bergulir, Abdul Taufik Jadi Kajati Jatim

JAKARTA (Jurnalberita.com) – Jaksa Agung melakukan mutasi sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung (Kejagung). Sebanyak 17 pejabat mendapat posisi baru. Salah satunya, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Babul Khoir Harahap yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau.

Upacara pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Jaksa Agung Basrief Arief di Sasana Baharuddin Lopa, Kejagung, Jakarta Selatan, Senin (07/02). Pelantikan ini didasarkan pada surat nomor PRIN-011/A/JA/02/2011 tentang pengangkatan dan mutasi pejabat eselon II pada Kejaksaan.

Abdul Taufik, yang sebelumnya menjabat Inspektur Pidsus Datun pada Jamwas, kini menempati posisi sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Posisi Inspektur Pidsus Datun pada Jamwas akan dijabat oleh Dachamer Munthe yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur.

Sedangkan Faried Haryanto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Penuntutan pada Jampidsus, kini ditempatkan pada posisi Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur. Posisi Dirtut pada Jampidsus akan diisi oleh Arnold B M Angkouw yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara.

Selanjutnya, posisi Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara akan dijabat oleh I Ketut Arthana yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Prapenuntutan pada Jampidum. Kemudian, Soemarno yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Upaya Hukum, Eksekusi dan Eksaminasi (Dir Uheksi) pada Jampidum, kini akan menempati posisi sebagai Direktur Prapenuntutan pada Jampidum.

Posisi Dir Uheksi pada Jampidum akan diisi oleh Soegiarto, yang sebelumnya menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku. Sedangkan posisi Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku akan dijabat oleh Effendi Harahap yang sebelumnya menjadi Staf Ahli Jaksa Agung.

Sedangkan Staf Ahli Jaksa Agung dipercayakan kepada Joko Subagyo yang sebelumnya menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Banten. Sedangkan Resi Anna Napitupulu yang sebelumnya menjabat Kepala Pusat Informasi Data dan Statistik Kriminal pada Kejagung, kini akan menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Banten.

Sedangkan posisi Kepala Pusat Informasi Data dan Statistik Kriminal pada Kejagung kini dijabat Syaifudin Kasim. Sebelumnya Syaifudin adalah Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, T Sofyan Oebit yang sebelumnya menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, menempati posisi sebagai Staf Ahli Jaksa Agung. Posisi Kepala Kejaksaan Tinggi Riau selanjutnya akan dijabat oleh Babul Khoir Harahap yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan Hukum.

Sedangkan Nur Rochmad yang sebelumnya menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, akan menggantikan Babul sebagai Kepala Pusat Penerangan Hukum yang baru. Posisi Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo untuk selanjutnya akan dijabat oleh Siswoyo yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau. (*/jb2)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site