Plengsengan JLS Ambrol, Rumah Warga Terancam Longsor

\"\"

PACITAN (Jurnalberita.com) – Plengsengan di ruas Jalur Lintas Selatan (JLS), tepatnya di Dusun Besar, Desa Sidomulyo kecamatan Kebonagung Ambrol. Akibatnya, dua rumah warga di lokasi tersebut terancam longsor.

Warga mengakui, meski ancaman longsor itu sudah terlihat sejak Desember tahun lalu, hingga kini belum ada upaya perbaikan plengesengan. “Kami sangat khawatir, apalagi hujan masih sering turun karena rumah saya tepat berada di atas jalan tersebut,” ungkap Tayib, salah seorang warga, Selasa (1/2/2011).

Menurutnya, ancaman longsor itu terjadi sejak dimulainya proyek pembangunan jalur lintas selatan (JLS). Sebagian dari pekarangan milik Tayib yang berada di atas jalan ikut dikepras untuk pelebaran JLS.

Sebenarnya, untuk menghindari longsor, pemerintah telah membangun plengsengan, namun kemudian ambrol. Akibatnya tanah di samping rumah Tayib juga Katoni tetangganya tergerus longsor.

“Saya berharap agar secepatnya Pemkab memperhatikan kekhawatiran kami, dengan memperbaiki plengsengan dengan kualitas bangunan yang kokoh,” pintanya.

Tak hanya itu, Toyib juga meminta kejelasan soal pembelian bangunan rumah untuk proyek JLS kepada Pemkab. “Saya dapat informasi pada 2009 lalu, sebagian warga yang pekarangannya terkena dampak proyek telah menerima ganti rugi. Kalau memang bangunan akan dibeli agar disosialisasikan dan kami minta kejelasannya,” imbuhnya. (jb15/jb1)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*