911 Embat Gaji 24 Karyawan Proyek PLTU 3

TUBAN (jurnalberita) – Proyek PLTU 3 Tanjung Awar-Awar di kecamatan Jenu merupakan proyek besar yang sedang digarap pekerjaannya. Dengan adanya proyek PLTU 3 Tanjung Awar-Awar ini, membuka lapangan kerja baru bagi tenaga kerja lokal, baik di dalam proyek maupun di luar.

Desa Tanjung Awar-Awar yang secara geografis terletak di tepi pantai ini, dengan mata pencaharian utama masyarakatnya penggarap sawah dan nelayan. Kini, dengan adanya proyek PLTU 3, masyarakat sekitar banyak yang mempunyai mata pencaharian sampingan dengan bekerja pada proyek PLTU 3 maupun membuka warung untuk menyediakan makan bagi para pekerja proyek.

Namun sayangnya, proyek yang diharapkan bisa mengubah nasib ekonomi mereka, kini menimbulkan masalah baru. Petugas keamanan pada proyek PLTU 3 yang berjumlah 24 orang ini, belum dibayar gajinya pada bulan Desember 2010 – Januari 2011 dan pembayaran tanggungan asuransi di Jamsostek sejak bulan Desember 2009 hingga Maret 2010 oleh PT Sembilan Satu Satu (911).

Pernah para pekerja bermaksud menyelesaikan secara kekeluargaan dengan PT 911, namun menemui jalan buntu. Bahkan, kasus inipun juga pernah dilakukan mediasi oleh main contractor SCP Jo, namun PT 911 tetap bertahan tidak mau membayar hak para petugas keamanan tanpa alasan yang jelas.

Akhirnya, Lilik Dasa Sholeh Hadi, mantan Manajer Security, yang mewakili 24 rekannya, pada tanggal 28 Pebruari 2011 lalu melayangkan surat ke Kepala Disnaker Tuban untuk mengadukan pihak PT 911 karena permasalahan tersebut.

Saat dikonfirmasi jurnalberita.com, salah satu staf di Nakerduk mengatakan, “Setelah menerima surat aduan dari tenaga security PLTU 3 Tanjung Awar-Awar, kamipun melayangkan surat pada PT 911, meminta untuk mengirimkan surat kontrak antara tenaga keamanan dengan pihak PT 911”.

Namun, lanjutnya, nampaknya hingga kini belum ada itikad baik dari pihak PT 911 untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menyerahkan dokumen kontrak kerja karyawannya. Sehingga kami belum bisa membantu memproses kasus tersebut. Kalau pihak PT 911 ada itikad baik, seharusnya mereka menyerahkan dokumen itu ke Disnakerduk Tuban. (jbc3/jbc1)

Tags: 
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

14 Responses

  1. keadilan untuk para karyawan pltu 3 jatim , khususx security supaya gaji yg belum di bayarkan segera di bayar , karena dapat mempengaruhi kinerja karyawan

    • Harap jangan memprovokasi dan membuat pemasalahan ini semakin memanas. Kinerja Security tidak bisa di pengaruhi dalam pemasalahn ini.Semua tergantung dari kedewasaan berpikir dan bertindak..Saya akan maksimal untuk memperjuangkan HAK teman teman, dengan maksimal.Hasil nya tegantung ALLAH S.W.T..Ikhtiar dan Doa adalah domain dan KUASA manusia, TAPI HASIL NYA KITA SERAHKAN PADA ALLAH S.W.T..

  2. LEBIH TEPATNYA JUMLAH SECURITY DAN STAFF YANG BELUM TERBAYAR GAJI DAN JAMSOSTEK NYA ADALAH 43 ORANG.

  3. Ketika kehidupan memberimu seribu alasan utk INGIN SESUATU,
    pahamilah bhw Allah pnya sejuta TAHU akan KEBUTUHANMU.
    perihal Metamarfosa security PLTU 3,yg saat ini brganti management persh baru.,
    Kewajiban dan Hak adalah 1 paket tdk trpisahkan.
    krna disana trkait profesionalisme krja.
    Kurang spndapt saja klau di kaitkan dg sisi religius.sbab ini realita.memang kita seharusnya pasrah kpd Allah.tp tdk hnya dg d fikirkan saja,
    hrs dg usaha yg gigih.

  4. Kalo gaji gak turun juga Karyawan harus tuntut siapa

  5. Adalah Wujud Manifestasi kbebasan brpendapat.bukan provokasi.
    Hnya prses Evolusi yg ada blm trbukti.
    “RÈHNÈ DURUNG MBUKTÈAKÈ,OJo KONDO” DISIK,
    Tinimbang GOROH,,,!!?
    Pd mulanya manusia itu baik niatnya.
    brhubung kurangnya pemahamannya.shingga tdk tepat cara brtindaknya.
    Brfikir yg dg rncana,
    brbicara,dan tntunya mmiliki tanggung jawab dg amanat yg d berikan..
    Ingat,,,,!!
    “Sabdo Pandito Ratu”
    dengar,karena benar,

  6. Kejujuran sangat perlu dalam berkomitmen.mau mengakui kesalahan diri sendiri merupakan wujud dari kebesaran hati.jangan mencari siapa yang salah semua sudah menpunyai porsi sendiri2.kewajiban sudah dilaksanakan sudah sepatutnya hak tersebut diterima oleh karyawan.iktikad baik udah dilaksanakan dengan menunggu beberapa bulan.mohon untuk untuk pihak terkait segera membayar gaji karyawan.jangan menunggu iktikad jelek nanti orang kecil lagi yang disalahkan.korban untuk dijadikan korban.orang kecil bekerja murni untuk mencari sesuap nasi jangan menunggu mereka kelaparan dulu baru dikasih makan entar ndak buas…

  7. Dari mana anda2 bisa menyimpulkan kalau PT.911,tidak mau membayar gaji kalian semua yang ada di PLTU 3 TUBAN.ingat kami juga punya aturan.anda2 telah dibesarkan 911.anda harus tau kenapa gaji nggak turun ,kenapa pesangon tidak di realisasi,anda harusnya tau dong.jangan salahkan saya atau staf 911 pusat.anda harus berkaca dan mencari tau siapa yang seharusnya disalahkan.kasih tau saya kalau anda sudah tau cepat atau lambat pasti anda tau,terima kasih.INDRA 911

  8. Dear mr.indra.
    Kalau anda merasa pnya tanggung jwab dg security PLTU 3 TUBAN.
    Selesaikan dg bijaksana dan tdk mncari siapa yg di persalahkan..
    Kami tunggu kedatangan anda.
    Yg Kami tau hanya bekrja dan mndapatkan hak upah.
    Kami atas nama anggota security PLTU 3 TUBAN.

  9. Dari pada gini langsung bawa ke Jalur Hukum saja, Yg benar pasti kelihatan benar

  10. Smoga saja di bulan ini ada perubahan situasi.
    Yang salah akan kelihatan.
    Yang benar pasti menang.
    Utk rekan”,
    tetap optimis dan jangan prnh putus asa.mari brsama perjuangkan Hak kita.

  11. Lik gmn sekarang kondisina … berjuang terus yo … Pungki

  12. silahka saling tuding.krn gk bkl ketemu solusinya,semua slh klo sdh menyangkut urusan perut mohon segera di selasaikan.itu hak,itu tuntutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site