Jumlah Akseptor KB Meningkat 20 Persen

TUBAN (jurnalberita.com) – Program Keluarga Berencana (KB) yang dicanangkan Pemerintah sejak dahulu turut memberi andil besar dalam menekan angka kelahiran penduduk Indonesia.

Ledakan jumlah penduduk di Indonesia dapat ditekan pemerintah melalui program KB bagi pasangan usia produktif. Diharapkan, dengan keluarga kecil, pasangan keluarga yang memiliki 2 anak saja, kehidupan mereka lebih sejahtera.

Namun, dengan program saja, tentu tidak akan berhasil tanpa ditunjang dengan tenaga lapangan yang terjun langsung ke masyarakat. Kantor BPMPD dan KB (Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa dan Keluarga Berencana) Kabupaten Tuban memiliki kader Pembantu Pembina Keluarga Desa (PBKPD) sebanyak 1978 orang, yang tersebar di 20 kecamatan.

Kantor BPMPD dan KB Jl KH. Mustain Tuban. (foto:yadi/jurnalberita)

Untuk mendukung menyukseskan program KB tersebut peranan kader sangat besar, karena merekalah yang menjadi ujung tombak keberhasilan program KB, dan yang paling dekat dengan masyarakat. Selain itu, peranan para bidan desa dalam mendukung kader di masyarakat desa maupun kota, ikut mendongkrak angka keberhasilan menjaring wanita produktif di Tuban untuk mengikuti program KB meningkat hingga 20 persen.

“Untuk menjalankan program KB, kita melakukan kerjasama lintas sektoral, antara Kesra, Depag, Pemda dan tokoh masyarakat untuk ikut menunjang keberhasilan program KB di masyarakat,” jelas Dra Suwahyu, Kasubag Keluarga Berencana, saat ditemui jurnalberita.com di kantornya, Kamis (3/3/2011).

Dilanjutkan Suwahyu, antusias pasangan usia produktif di kabupaten Tuban sangat tinggi. Dan itu dapat dilihat dengan kenaikan akseptor baru yang mencapai 28.252 orang dari target kami yang hanya 13.995.

Semua itu tidak terlepas dari peran kader yang tergabung dalam PBKPD. Selain itu, kami juga memiliki Pusat Informasi Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja untuk penyuluhan bagi remaja putri dari tingkat SLTA hingga mahasiswa. (jb3/jb1)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site