Ali Muchsin SH, Pimpin Ribuan Anggota Bermodal Jujur dan Terbuka

\"\"GRESIK (Jurnalberita.com) –  Menjadi orang nomor satu atau pimpinan dalam suatu organisasi, tidaklah semudah yang dibayangkan. Terlebih memimpin suatu organisasi yang memiliki jumlah anggota yang mencapai ribuan orang.

Selain harus menjalankan rutinitas keorganisasian, telah menghadang tugas yang sangat berat.Tidak hanya itu,  seorang pemimpin juga dituntut memiliki jiwa yang sabar serta tegas dalam mengambil suatu keputusan dan berpihak pada anggotanya.

Hal inilah yang selama ini dirasakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektonik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC FSP LEM SPSI) Gresik, Ali Muchsin SH. Lelaki murah senyum ini dipercaya ribuan anggotanya, 3300 orang anggota, untuk memimpin organisasi ini. Baginya, tugas merupakan amanah yang harus dijaga dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya.

Sejak dilantik pada tanggal 10 Januari 2011, Cak Ali panggilan akrabnya, telah menelurkan berbagai program untuk kesejahteraan anggotanya. Salah satunya adalah melaksanakan pendidikan dan latihan (Diklat) bagi 15 orang pengurus, berupa pelatihan keorganisasian dan produktivitas kerja. Tidak hanya itu, program kedepan adalah membentuk Koperasi Pekerja SPSI serta berendana membuat buletin Suara SPSI dengan tujuan untuk meningkatkan daya baca serta pengetahuan pada anggotanya.

“Tugas merupakan amanah yang harus dijalankan dengan jujur dan keterbukaan. Saya yakin, suatu organisasi akan berkembang jika kita memiliki modal jujur dan terbuka,” terang pria yang menempuh gelar sarjana hukumnya pada salah satu universitas swasta terkenal di Kota Gresik ini.

Ditambahkannya, DPC F-SP LEM SPSI Gresik ini merupakan sektor dari SPSI yang beranggotakan 3300 orang pekerja yang tersebar di 14 Perusahaan di Gresik, diantaranya di Maspion Drive
V,  PT.Jindal Stainless Steel, Indospring Tbk, PT.Timur Mega Steel serta masih banyak lagi.

“Tugas dan peran kami dalam organisasi ini adalah membina PUK dan anggota untuk melaksanakan industrial yang harmonis. Selain itu, kami juga berperan aktif dalam membela dan melindungi hak-hak anggota, meningkatkan kesejahteraan anggota serta ikut membangun Gresik menjadi lebih maju,” tegasnya.

Masih menurutnya, untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya, organisasi yang dipimpinnya memberikan Jindal (pemberian emas murni seberat 2 gram) kepada anggota setiap 6 tahun
sekali.

“Kami juga telah berupaya untuk menjalin serta meningkatkan kerjasama dengan lembaga terkait, seperti Disnaker, Sekber DPC SPSB Gresik, Kepolisian dan Pengadilan Negeri serta Serikat buruh lainya,” terang pria, yang kabarnya akan dicalonkan menjadi Ketua Konfederasi SPSI Gresik ini, dengan nada bangga.

Kedepan, dirinya yakin bahwa organisasi yang dipimpinnya akan mengalami kemajuan yang signifikan dan dapat mensejahterakan anggotanya. Tak hanya itu, dia juga yakin bahwa anggotanya akan terus bertambah seiring adanya kemajuan pada organisasi yang dipimpinnya.

“Dengan Motto LEM, Serikat Pekerja yang Bermartabat, saya yakin kedepan akan lebih maju dan berkembang,” ujarnya. (jb6/jb2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*