Proyek JOB PetroChina East Java ‘Makan’ Korban

Direktur LSM eLSAL, Heri Sutarto, didampingi pengurus lainnya mendatangi Polres Tuban. (foto:yadi/jurnalberita)

TUBAN (jurnalberita) – Pengerjaan penggalian pipa oleh Job Pertamina Petrochina East Java (PPEJ) memakan korban 2 anak meninggal dunia. Hasan dan Husen, anak warga desa Mojoagung kecamatan Soko itu sedang bermain di sekitar tempat penggalian pipa sebelum ditemukan meninggal, Selasa (1/3/2011). Kejadian tersebut mendapat advokasi dari LSM eLSAL untuk melaporkan ke Polres Tuban maupun ke BP Migas di Jakarta.

Proyek penggalian pipa di perkampungan desa Mojoagung kecamatan Soko Tuban tersebut tanpa sosialisasi terlebih dahulu oleh JOB Pertamina PetroChina pada warga setempat.

Penggalian tanah yang diperuntukkan penanaman pipa minyak sepanjang 10 kilometer, dari desa Mudi ke desa Rahayu, dengan kedalaman 3 meter tersebut tanpa ada tanda larangan sekitar lokasi penggalian pipa. Akibat kecerobohan tersebut, mengakibatkan 2 orang anak yang sedang bermain di lokasi penggalian meninggal dunia.

Direktur LSM eLSAL, Heri Sutarto, didampingi pengurus lainnya mendatangi Polres Tuban, Sabtu (5/3). “Kami mengantarkan surat laporan ke Polres Tuban tentang kejadian meninggalnya 2 anak warga desa Mojoagung di galian pipa milik JOB Pertamina PetroChina East Java,” ujar Heri Sutarto, usai bertemu Wakapolres Tuban. Lanjutnya, Saya masih belum tahu kecerobohan yang dilakukan oleh pihak PetroChina dalam hal pengawasaan pengerjaan penggalian pipa sedalam 3 meter itu.

Saat dikonfirmasi, Kompol. Yandri, Wakapolres Tuban, menyatakan telah menerima surat laporan dari pihak LSM eLSAL. “Sementara ini pihak Kepolisian akan melakukan lidik dulu. Kami telah memanggil 2 orang saksi untuk dimintai keterangannya. Kita menunggu SPK nya terlebih dahulu baru kami akan tahu siapa yang akan bertanggungjawab dalam pekerjaan tersebut,” ujar Kompol Yandri.

Lanjutnya, apakah pengerjaan penggalian tanah yang diperuntukan penanaman pipa milik JOB PetroChina tersebut sudah sesuai prosedur atau belum, kita perlu data untuk pendukung penyelidikan termasuk surat aduan dari LSM eLSAL ini. (jb3/jb1)

Tags: , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

Pingbacks/Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site