Bupati Panen ‘Emas Hijau’ Lereng Gunung Sendang

TULUNGAGUNG (Jurnalberita.com) – Bertempat di lereng gunung Agropolitan, Desa Geger Sendang Kabupaten Tulungagung, Pemerintah Kabupaten Tulungagung menggelar Panen Raya Agropolitan 2011. Hal itu dilakukan guna meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi komoditas unggulan yang cukup besar, yaitu sapi perah serta komoditas unggulan lainnya,  seperti holtikultura, berupa sayur-sayuran dan buah-buahan.

Bupati Tulungagung Ir. Heru Tjahjono MM didampingi GM PT. Java Green, Tseng Ying-Hsiung serta para pejabat melihat hasil Agropolitan yang siap panen. (jbc7/jbc)

Nampak hadir dalam acara panen raya tersebut antara lain, Bupati Tulungagung Ir. Heru Tjahjono MM, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Wibowo Eko Putro dan pejabat terkait serta General Manager PT. Java Green, Tseng Ying Hsiung.

GM PT. Java Green, Tseng Ying-Hsiung dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya berusaha untuk terus mengembangkan program pemberdayaan petani agropolitan Sendang, demi mencapai produksi pertanian yang mempunyai standar kualitas industri tinggi.

Ia juga menambahkan, dengan panen ini, program pemberdayaan petani di wilayah Sendang dapat mengoptimalkan hasil pertanian sehingga memberikan dampak positif terhadap kebutuhan bahan baku industri.

Penunjukkan Sedang sebagai lokasi Agropolitan, selain didasarkan adanya potensi komoditas unggulan yang cukup besar, yaitu sapi perah dan komoditas unggulan lainnya seperti holtikultura berupa sayur-sayuran dan buah-buahan, juga didasarkan pada kesesuaian lahan wilayah Sendang, yang berupa daerah pegunungan dengan hawa sejuk.

Lokasi ini dinilai sangat cocok menjadi menjadi daerah holtukultura, yang saat ini sedang dikembangkan Pemkab Tulungagung. Terwujudnya kawasan Sendang sebagai agribisnis, juga diharapkan terciptanya keterpaduan dengan sektor lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ir. Heru Tjahjono MM, mengatakan, panen raya merupakan bukti keberhasilan program Agropolitan Sendang. Beberapa jenis  tanaman yang dipanen meliputi Brokoli, Sawi, Asparagus dan Pisang jenis Taiwan 1 dan Taiwan 3.

Keberhasilan program Agropolitan Sendang, merupakan kebanggaan Kabupaten Tulungagung. Selain hasilnya akan diekspor, juga bakal dibuatkan tempat atau pasar lokal untuk memasarkan hasilnya. Tak salah bila hasil produk Agropolitan dari Sendang ini disebut sebagai emas hijau dari lereng Gunung Sendang. (jbc7/jbc2)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site