Komplotan Curanmor Dibongkar Polres Gresik

Kapolres Gresik, AKBP Jakub Projogo saat memberikan keterangan. (jbc6/jbc)

GRESIK (Jurnalberita.com) – Kepolisian Resor Gresik (Polres Gresik) berhasil mengungkap dua kasus pencurian sepeda motor (curanmor), sekaligus membekuk 10 orang tersangka dan komplotannya dari beberapa tempat yang berbeda.

Keberhasilan Polres Gresik membongkar tindak kriminal yang selama ini menjadi momok serta meresahkan warga, diungkap pada gelar perkara di Mapolres Gresik, Rabu (27/4/2011), dipimpin langsung Kapolres Gresik, AKBP Jakup Prajogo.

Pengungkapan kasus Curanmor ini, salah satunya, berdasarkan laporan dari korban Shoim (48), warga Desa Canga’an Kecamatan Ujung Pangkah, yang kehilangan sepeda motor Honda Supra X Nopol W 2997 DM di rumahnya, di Desa Canga’an.

Laporan itu langsung direaksi petugas. Haslnya, petugas berhasil membekuk 8 orang komplotan curanmor, yakni Fatah Miftahul Abdan alias Poklek (26), Khoirul Ihwan (18), Robby Alhamdani (15), ketiganya warga Desa Canga’an Kecamatan Ujung Pangkah, Suhril Khakim (26), warga Desa Ngimbo Kecamatan Ujung Pangkah, Mohamad Firdaus (22), warga Dusun Larangan Desa Dalegan, Wahyu Hartono (32) warga Desa Bungah. Keenam tersangka dijerat dengan pasal 363 jo pasal 55, 56 Tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

Sedangkan, tersangka Latif (37), warga Desa Melirang Kecamtan Bungah dan Didik Khoirul Amin (21), warga Desa Pantenan Kecamatan Panceng dijerat dengan pasal 480 KUHP, tentang Penadahan. Kedua tersangka menerima hasil pencurian.

Kapolres Gresik AKBP Jakup Prajogo kepada wartawan mengatakan, modus operandi yang dilakukan para tersangka dengan cara memasuki rumah korban sekitar pukul 01.00 WIB dengan cara merusak kunci pintu rumah dan menguras harta korban serta membawa lari sepeda motor korban.

Beberapa tersangka curanmor yang selama ini meresahkan warga Gresik saat gelar perkara di Mapolres Gresik. (jbc6/jbc)

“Setelah mendapat laporan dari korban, kami langsung melakukan penyelidikan dan membekuk tiga orang tersangka. Dari hasl pengembangan dan keterangan ketiga tersangka, kami menangkap kembali dua orang tersangka, sampai kami juga berhasil mengungkap penadah dari hasil penjualan barang tersebut,” jelas Jakub Prajogo, Kapolres Gresik.

Masih menurutnya, dalam kasus ini barang bukti yang berhasil disita petugas adalah rangka sepeda motor Honda Supra X dan plat Nomor W 2997 DM. “Enam tersangka akan kami jerat dengan pasal 363 jo pasal 55, 56 KUHP tentang pencurian dan pemberatan. Sedangkan dua tersangka lagi kami jerat dengan pasal 480 KUHP tentang tindak pidana penadahan,” tegasnya. (jb6/jb2)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site