Menikmati Sunset di Pantai Trianggulasi

\"\"

BANYUWANGI (jurnalberita.com) – Jika Anda menyusuri Alas Purwo sebelah timur, maka Anda akan menemukan sebuah pantai yang bersih dengan hamparan pasir yang membentang dari timur laut ke barat daya. Di sebelah barat, hamparan pepohonan hutan dengan tajuk sedang, terlihat tertata rapi. Ya, itulah pantai Trianggulasi.

Nama pantai Trianggulasi diambil dari sebuah Tugu Trianggulasi, yaitu tugu penanda untuk keperluan pemetaan yang berada di pantai ini.

Pantai yang berada di kabupaten Banyuwangi Jawa Timur ini, memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dengan formasi hutan pantai yang didominasi oleh pohon bogem dan nyamplung. Lokasi pantai ini sangat cocok untuk kegiatan wisata bahari, berkemah atau sekedar mengajak keluarga untuk menginap.

Di lokasi pantai ini juga menyediakan wisma tamu dan pesanggrahan yang dapat digunakan wisatawan sebelum melanjutkan penjelajahan ke obyek-obyek wisata berikutnya.

Lokasi pantai ini tidak jauh dari pos Rowo Bendo, jaraknya sekitar 3 Km ke arah tenggara. Jika perjalanan ditempuh dari Banyuwangi, maka rutenya adalah Banyuwangi – Pasaranyar 65 km, dan Pasaranyar-Rowo Bendo 10 Km – Rowo Bendo – Trianggulasi 3 km.

Deburan ombak pantai Trianggulasi terlihat cukup tinggi, dengan topografi pantai yang memanjang, ombak ini terlihat mempesona, dan bisa dimanfaatkan untuk surfing. Namun, pihak pengelola Taman Nasional Alas Purwo sengaja tidak mengijinkan peselancar, karena ombaknya masih dianggap berbahaya. Hal ini ditandai dengan larangan melakukan aktivitas apapun di laut termasuk berselancar ataupun berenang.

\"\"

Jika kebetulan singgah di pantai ini, usahakan untuk menginap, sebab pemandangan sunset (Matahari tenggelam) cukup memukau. Di sekitar pantai, disediakan penginapan (Guest House). Tarifnya semalam hanya Rp 75.000,-/Kamar dan untuk keluarga juga disediakan satu rumah Rp 150.000,- / malam (berisi 4 kamar). Dan Anda juga bisa menikmati makanan tradisional berupa kudapan ala Alas Purwo dengan memesan di pengelola guest house.

Dari Pantai Trianggulasi, berjarak sekitar 5 km arah barat merupakan lokasi Pantai Ngagelan, tempat untuk menyaksikan berbagai jenis penyu. Pantai ini menjadi tujuan penyu untuk bertelur, serta menjadi lokasi khusus penangkaran penyu. Penyu-penyu tersebut umumnya mendarat di pantai pada bulan Januari sampai September setiap tahun. Pada bulan-bulan tertentu pula, biasanya diadakan kegiatan pelepasan penyu-penyu yang sudah siap terjun ke alam bebas. (*/jbc1)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*