Pacu Pengembangan 3 Sektor, Pemkab Bentuk BPP

GRESIK (Jurnalberita.com) – Pemerintah Kabupatn (Pemkab) Gresik akhirnya membentuk Badan Pelaksana Penyuluhan (BPP) dalam bidang Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, dengan ditandai penyerahan Surat Keputusan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Gresik, Ir. Mohammad Nadjib MM di Ruang Mandala Bhakti Praja.

Penyerahan Surat Keputusan BPP oleh Sekdakab Gresik, Ir. Mohammad Nadjib MM. (foto : istimewa)

Badan yang dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati No. 49 Tahun 2010, pada tanggal 29 Desember 2010, yang merupakan pelaksanaan berdasarkan Undang-Undang  no 16 Tahun 2006 tentang sistem penyuluhan pertanian, perikanan, dan kehutanan, akan diperkuat 77 orang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang bertugas dibeberapa Dinas dan menempati posnya masing-masing dan tersebar dibeberapa wilayak kecamatan.

Bupati Gresik dalam sambutannya yang dibacakan Sekdakab Gresik, Ir. Moch. Najib MM
menyampaikan, untuk melaksanakan pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan sangat diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Disinilah fungsi pentingnya petugas penyuluh. PPL  sebagai ujung tombak pembangunan di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Lebih lanjut dikatakan, fungsi penting petugas penyuluh pertanian adalah sebagai pengembang sumber daya manusia meliputi petani, pengusaha, pedagang pertanian dan sebagai pelaku pembangunan, yang berkorelasi langsung dengan keberhasilan pembangunan di sektor pertanian.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pelaksana Penyuluh (BPP) Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Gresik, Ir. Labat Wibowo MMA mengatakan, pengembangan bidang pertanian di Kabupaten Gresik masih berpeluang, konsekuensinya dengan menambah banyak tenaga penyuluh.

“Tentu saja, dengan pengembangan organisasi dan bidang penyuluhan ini, kami masih memerlukan penambahan sarana dan prasarana. Saat ini, baru ada 17 Balai Penyuluh Pertanian , dua diantaranya masih menempati lahan kecamatan,” ungkapnya. (jbc6/sdm)

Tags: , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. saya mau cari pekerjaan sebagai tenaga penyuluh lapangan di dinas perikanan sidoarjo. saya lulusan perikanan angkatan 2000 univ. dr soetomo surabaya. saya tinggal di sidoarjo dan no.telf saya 03171942350 kalo berkenan tolong saya di hubungi. terimah kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site