Penderita HIV/AIDS di Jatim Meningkat 400 Persen

\"\"

PAMEKASAN (jurnalberita.com) – Sepanjang tahun 2010 lalu, sebanyak 450 warga Jawa Timur (Jatim) yang terdata terinfeksi HIV/AIDS, terang Syaifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jatim.

“Jumlah penderita HIV/AIDS tahun 2010 ini meningkat tajam dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2009 hanya tercatat 100 kasus penderita HIV/AIDS di Jatim,\” katanya pada sosialisasi bahaya penggunaan obat terlarang di Islamic Centre Pamekasan Madura, Sabtu (9/4/2011).

Penderita HIV/AIDS ini, lanjutnya, bukan hanya diderita pekerja seks komersial saja, namun juga ibu-ibu rumah tangga.

“Penyebabnya, karena bapak-bapaknya yang suka ‘jajan’ di luaran,\” kata Gus Ipul – panggilan akrab Syaifullah Yusuf. Oleh sebab itu, kata dia, Pemprov akan melakukan upaya serius membahas persoalan tersebut, dengan cara berupaya mencegah dan memberantas peredaran narkoba ini. Sebab, menurutnya, penderita kasus HIV/AIDS selalu identik dengan pengguna narkoba.

“Orang yang mengkonsumsi narkoba itu, cenderung untuk melakukan seks bebas,” jelasnya.

Wagub yang juga menjabat Ketua Komite Penanggulangan HIV/AIDS Pemprov Jatim ini menjelaskan, ada beberapa langkah yang akan dilakukan Pemprov Jatim. \”Pertama adalah pencegahan (preventif) yakni dengan memberikan pengumuman kepada masyarakat seperti yang dilakukan teman-teman saat ini,\” katanya.

Kedua, adalah pengobatan dan penegakan hukum, dan yang ketiga adalah rehabilitasi. Selain cenderung untuk melakukan seks bebas yang pada akhirnya bisa terjangkit virus HIV/AIDS, pengguna narkoba juga cendrung berbuat kriminal.

“Kenapa kriminal, karena jika hartanya sudah terkuras, maka akan melakukan tindakan kriminal untuk memenuhi kebutuhan konsumsi narkoba,” pungkas Gus Ipul. (jbc1)

 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*