Rayakan HUT, PT TPS Usung Tema Cinta Bahari

\"\"SURABAYA (Jurnalberita.com) – Tahun ini, PT Terminal Petikemas Surabaya (PT TPS) genap memasuki usia 12 tahun. Sebuah perjalanan panjang yang tidak mudah dilewati dan dijalani. Terlebih, berbagai faktor juga mempengaruhi bisnis dan perkembangan usaha anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III (PT Pelindo III), yang bergerak di bidang pemberi jasa kepelabuhanan bertaraf internasional ini.

Meski tidak seluruh sahamnya dimiliki negara, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki motto Reliable Terminal with Service Excellence ini, juga tidak hanya disibukkan dengan urusan bisnis utamanya, yakni memberikan jasa kepelabuhanan pada para stakeholder. Bahkan, tidak pula bertujuan hanya bertujuan mengejar profit atau keuntungan semata, tanpa memikirkan lingkungan sosial dan lingkungan hidup.

Namun, PT TPS juga memiliki rasa kepedulian pada hal yang bersifat sosial dan lingkungan hidup, baik berskala regional hingga nasional. Di bidang sosial misalnya, berbagai program serta kegiatan juga sudah dilakukan.

\"\"

Melalui program community development, PT TPS juga ikut aktif berperan dan terlibat secara langsung didalamnya. Beberapa kegiatan itu diantaranya:

  1. Pada Akhir tahun lalu, tepatnya tanggal 27 Desember 2010, PT TPS ikut Mendukung kegiatan lingkungan yang sehat dan bersih, baik dikantor maupun di masyarakat sekitar, dengan menggelar kegiatan lomba kebersihan lingkungan antar RW se-Tanjung Perak Surabaya atau yang lebih dikenal dengan “Tanjung Perak Asri”.
  2. Ikut berperan dalam ‘kampung binaan’, yang terletak di  di RW I Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantian Surabaya dan dinamakan “Kampung Binaan TPS”. Berbagai sektor atau bidang kegiatan dilakukan seperti, bidang Kesehatan, Lingkungan, Pendidikan, Sarana Prasaranan serta bidang Keagamaan (religius) juga ikut ‘disentuh’.
\"\"

Tak hanya itu, kegiatan yang bertema lingkungan hidup juga sudah dilakukan, seperti melakukan kegiatan penanaman pohon Mangrove di Dermaga PT. Terminal Petikemas Surabaya, yang dilakukan bekerja sama dengan instansi pemerintah lainnya.

 

Selamatkan Terumbu Karang Pasir Putih

Di tahun ini, peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-12 PT Terminal Petikemas Surabaya, bakal dilaksanakan sedikit berbeda dengan peringatan sebelumnya. Hal ini dikarenakan, perayaan atau acara yang akan dipusatkan di Kabupaten Situbondo, akan diisi berbagai acara yang memiliki kaitan dengan kegiatan sosial dan lingkungan hidup, khususnya lingkungan bawah laut, diantaranya penyelamatan lingkungan ekosistem bawah laut, khususnya terumbu karang.

Hal ini juga menegaskan, bila PT TPS, sebagai perusahaan pemberi jasa kepelabuhanan bertaraf Internasional yang berbasis kelautan, juga ikut berperan aktif dalam melestarikan ekosistem laut.

“Kita semua tahu, kalau keberadaan dan penyelamatan lingkungan ekosistem bawah laut, termasuk terumbu karang sangat penting. Kita sangat sayangkan kalau banyak terumbu karang yang rusak akibat proses penangkapan ikan yang tidak mengindahkan aturan. Makanya, PT TPS tergerak untuk melakukan kegiatan penyelamatan ekosistem dalam memperingati hari ulang tahun kali ini,” kata Wara Dijatmika, Humas PT Terminal Petikemas Surabaya, dikantornya beberapa waktu lalu.

Yang menarik, kata Wara, pada kegiatan bertaraf nasional memperingati HUT PT TPS nanti, akan dilakukan penyelaman massal oleh anggota klub selam yang tergabung alam POSSI Jawa Timur, guna melakukan penyulaman terumbu karang yang mengalami kerusakan.

Di Surabaya, ungkap Wara, juga sudah dilakukan rangkaian perlombaan yang pelaksanaannya sudah dimulai pertengahan Maret lalu, dengan melibatkan berbagai kalangan, termasuk mitra kerja dan para stakeholder.

“Sementara di Situbondo lebih banyak bersifat sosial dan penyelamatan lingkungan bawah laut. Bahkan, PT TPS juga melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Situbondo dalam melaksanakan pemilihan dan penobatan duta karang tingkat Provinsi Jawa Timur, sebagai puncak dari rangkaian kegiatan ulang tahun PT TPS,” jelasnya.

Tak hanya itu, ungkap Wara, kegiatan ini juga akan didukung Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur dan akan dhadiri oleh wakil gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf.

Direncanakan, rangkaian acara memperingatai HUT ke-12 PT TPS akan digelar pada tanggal 23 – 24 April. Beberapa rangkaian dan jenis kegiatan yang akan dilakukan antara lain :

  1. Pemasangan rambu–rambu penyelaman.
  2. Pemasangan jangkar apung (floating anchor) untuk tambatan perahu.
  3. Pemasangan papan–papan informasi tentang daerah perlindungan laut dan papan peringatan tentang bahaya kerusakan ekosistem terumbu karang di kawasan pesisir Pantai Pasir Putih, Situbondo.
  4. Bersih-bersih laut dan penyulaman terumbu karang dengan tujuan membersihkan dasar laut.
  5. Seminar sehari tentang pentingnya menjaga ekosistem laut.
  6. Penyediaan bak sampah, yang akan ditempatkan disepanjang area wisata pantai.
  7. Pembagian pelampung (life jacket) bagi nelayan, yang dikoordinir oleh kelompok-kelompok nelayan.
  8. Penobatan Duta Karang Provinsi Jawa Timur. (jbc2)
Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*