Rutan Cerme Bobol, Satu Orang Napi Kabur

\"\"

GRESIK (Jurnalberita.com) – Diduga akibat kecerobohan dan kelalaian petugas jaga serta lemahnya sistem keamanan, seorang penghuni rumah tahanan (Rutan) Banjarsari Cerme, berhasil melarikan diri seusai pergantian petugas jaga, sekitar pukul 08.00 WIB, Senin (18/04/2011).

Tahanan yang berhasil kabur dari Rutan adalah Joko Dedi Wahyudi, terpidana 10 bulan kasus pencurian, warga Desa Padek Kecamatan Cerme. Joko sudah menjalani masa penahanannya di Rutan hampir 5 bulan.

Peristiwa ini sontak mengagetkan Kepala Rutan (Karutan) dan seluruh petugas. Sejak dinyatakan  melarikan diri alias kabur dari Rutan pada pukul 08.00 WIB, Karutan Banjarsari Cerme, Purwoko Suryo Pranoto langsung memerintahkan anak buahnya melakukan pencarian dan pengejaran. Anehnya, pihak rutan juga tidak mengetahui cara terpidana meloloskan diri dan kabur dari Rutan.

\"\"

“Kami masih melakukan pencarian atas terpidana tersebut. Kami juga telah memeriksa didalam Lapas, untuk mengetahui bagaimana cara terpidana tersebut kabur. Masih dalam pemeriksaan pak,” terang Purwoko Suryo Pranoto ketika dikonfirmasi.

Masih menurut Purwoko, kaburnya narapidana tersebut diketahui sekitar pukul 08.00 WIB. Pada jam lima pagi, ungkapnya, terpidana Joko masih berada di Lapas dan baru pada saat petugas mengecek ke kamar tahanan, terpidana tidak ada di kamarnya.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin akan melakukan pencarian. Mendengar ada tahanan kabur, kami langsung melakukan pencarian ke rumahnya dan ke rumah istrinya. Bahkan, kami juga telah menyebarkan anggota untuk menyanggong  terpidana,” tegasnya. (jbc6/jbc2)

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*