Tak Penuhi Syarat, 76 BTS Baru Tak Dapat ijin

\"\"

GRESIK (jurnalberita.com) – Karena tak memenuhi syarat, 76 tower Base Transceiver Station (BTS) ditunda ijin pendiriannya. Hal ini diakui Kepala Bappeda Gresik, Bambang Isdianto, saat menerima kunjungan tim dari anggota DPRD Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, Senin (18/4) di Ruang Eka Graita Praja Pemkab Gresik.

Menurut mantan Staf Ahli Bupati Gresik ini, telah ada Peraturan Bupati No 21 Tahun 2009 tentang Pedoman Pembangunan dan Penataan Menara Telekomunikasi yang mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Komunikasi dan Informatika, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal tentang Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Bersama Menara Telekomunikasi.

Selain itu, Perbup itu juga mengacu pada aturan Permenkominfo No. 02/Per/M.Kominfo/3/2008 tentang Penggunaan Menara Bersama Telekomunikasi. “Dengan  peraturan Bupati tersebut segala prosedur perizinan pendirian tower hingga aturan pemasangannya telah ditentukan,” ujar Bambang.

Kedatangan tim yang diketuai oleh Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin Ir. M. Zakaria, bertujuan untuk study banding dan mengkonsultasikan Rancangan Peraturan daerah (Ranperda) tentang penyelenggaraan dan Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi.

Zakaria bersama tim yang tergabung dalam Pansus dari DPRD Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan melakukan study banding ke Kabupaten Gresik karena dianggap telah mampu mengatur pendirian tower BTS dan berhasil menertibkan Perda tentang izin pembangunan menara bersama. (jbc6/sdm)

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*