Unirow Selenggarakan Program S1 PGSD

TUBAN (jurnalberita.com) – Sejak adanya uang tunjangan profesi guru bagi guru yang sudah lolos sertifikasi, peminat lulusan SLTA untuk masuk pada jurusan kependidikan semakin besar.

Jika dulu kuliah jurusan kependidikan hanya ada di Universitas Kependidikan (Dulu dikenal dengan IKIP, red), kini semakin banyak universitas yang membuka jurusan tersebut, salah satunya adalah Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban.

Universitas Ronggolawe menyelenggarakan program Strata Satu jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Untuk perkuliahan S1 PGSD diselenggarakan tiga minggu sekali, pertemuan diadakan full day pada hari Jumat hingga Minggu, bertempat di SMA PGRI 3 Tuban.

Program S1 PGSD ini banyak diikuti mahasiswa dari luar kota, diantaranya Gresik, Pacitan, Rembang dan Blora. Keberadaan Universitas Ronggolawe Tuban ini sudah banyak dikenal di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah bagian Timur (Rembang dan Blora). Jadi jangan heran jika pada hari-hari perkuliahan, SMA PGRI 3 Tuban nampak ramai oleh mahasiswa dari luar kota.

“Kami datang untuk kuliah di Unirow setiap tiga minggu sekali full day pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu di SMA PGRI 3 Tuban. SPP tiap bulan kami dikenai biaya Rp 140.000 atau Rp 840.000 tiap semester,” ujar Udi, seorang mahasiswa dari Gresik.

Di tempat yang sama, salah satu mahasiswa dari Pacitan saat ditemui jurnalberita.com di mengatakan, “Kami setiap tiga minggu sekali datang kuliah secara rombongan. Kami sewa bus umum ke Unirow Tuban selama tiga hari mulai hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Untuk beristirahatnya, kami menempati ruang kosong di SMA PGRI 3 Tuban”.

Lanjutnya, karena kini tuntutan profesi guru mengharuskan Strata satu jurusan PGSD, maka kami rela kuliah meski jauh. Setiap kami berangkat kuliah di Tuban, patungan untuk sewa bus sebesar Rp 200.000 per orang.

Rektor Universitas Ronggolawe Tuban, Drs. Hadi Tugur, MPd. MM, saat dihubungi via ponselnya, Jumat (8/4/2011) mengatakan, “Memang benar Unirow mengadakan kuliah program Strata Satu jurusan PGSD setiap tiga minggu sekali selama tiga hari, dan mahasiswa kami banyak dari Gresik maupun Pacitan. Yang terpenting, tidak mengurangi jumlah SKS mahasiswa meski hanya kuliah selama tiga hari.

“Untuk uang pembayaran setiap semesternya sama antara mahasiswa dari Gresik maupun Pacitan,” ujar Drs. Hadi Tugur, MPd. MM. (jbc3/jbc1)

 

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

17 Responses

  1. Harus semangat mengikuti kuliah full day selama 3 hari di S1.PGSD Unirow .

  2. Saya mau tanya, karena rumah saya di Rembang, terlampau jauh jika harus datang ke Tuban. Apakah UNIROW cabang Rembang ada Program Strata S-1 PGSD juga atau tidak?

  3. Rumah saya di laren lamongan apakah ada cabang di seputaran laren trims

  4. saya seorang wiyata di salah satu sekolah dasar yang ada dibatangan, saya bermaksud untuk mendaftar di universitas unirow, bisa apa tidak ya ? saya tahu ini sudah semesteran tapi menyusul bisa apa tidak,

  5. assalamualaikum,,
    heru di sini mau tanya tentang pendaftaran mahasiswa baru, khusus wilayah rembang..
    mohon dan minta tolong di infokan..
    terima kasih..

  6. apakah unirow membuka cabang s1 pgsd yang ada di lamongan??? tlg infonya

  7. Mohon saya dikirimi struktur kurikulum S-1 PGSD lewat email. Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih.

  8. apakah thn ini unirow membuka perkuliahan S1 PGSD cabang rembang??
    trma kasih sblumy..

  9. Slamat dan sukses buat Unirow atas terlaksanakan wisuda bagi mahasiswa nya. Unirow supaya membuka di daerah lainnya jurusan PGSD.

  10. saya mau tanya apakah unirow membuka s1 PGSD d rembang karena peminatnya sangat bnyak…jika boleh tolong d buka lagi,buat warga rembang yang mau kuliah,…

    terima kasih,.jika boleh minta syarat masuk…
    kirim ke email;noviyudha3@gmail.com

  11. saya bisa minta info untuk program pgsd apa sdh di akreditas? atau sdh memiliki izin operasional?

  12. unirow cabang rembang masih dibuka nggak ya??
    kalo masih gimana cara daftarnya??

  13. selamat dan Sukses UNIROW yg sdh melaksanakan keinginan masyarakat utk menempuh pendidikan S1 PGSD di tuban,tapi tdk efisien dan pemborosan! kita tetap Menghormati produk hukum Permendiknas No 24 th 2012,artinya scr normatif pemerintah mengatur utk perkuliahan di luar domisili ,dengan memperhatikan akan kebutuhan pemerataan dan akselerasi kebutuhan tenaga pengajar di daerah yg belum mencukupi,maka ijin dikti saja scr moral akademis kan seharusnya di perbolehkan sbg dasar utk kegiatan perkuliahaan di luar kampus pusat, pasti lbh Efisien dan tidak BOROS!asal kan kita pertanggung jawabkan kualitas lulusan kan tdk masalah!

  14. jadwl acara buat pgsd angkatan 2011

  15. Aq ingin sekali kuliah disini. ‎​بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم semoga bisa. Semangat

  16. Saya mau tanya, rumah saya di Pati,, terlampau jauh jika harus datang ke Tuban.. Apakah UNIROW cabang Pati / Rembang ada Program S-1 PGSD juga atau tidak..?? mohon balasan nya.. terimakasih

  17. PGSD Unirow 2014/2015 masih dibuka gak ya? tolong informasinya. trimakasih. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site