Wacana Pemberian Asuransi Bagi Warga Bergulir

foto : Ilustrasi / Istimewa

MALANG (Jurnalberita.com) – Health For All atau kesehatan untuk semua, terus diupayakan oleh pemerintah Kabupaten Malang. Keseriusan dan wacana ini tengah digarap, salah satunya dengan rencana pemberian asuransi kesehatan kepada seluruh warga, baik kaya atau miskin, di Kabupaten Malang.

Wacana ini disampaikan Muhammad Fauzi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten malang. “Kami upayakan asuransi kesehatan dan bisa dinikmati seluruh masyarakat mulai tahun 2014 mendatang,” ujarnya.

Dinas kesehatan saat ini, lanjut Fauzi, sedang mengupayakan penjajakan berbagai metode asuransi kesehatan yang bisa menjangkau semua kalangan, tidak hanya warga mampu atau prioritas keluarga miskin, namun bisa dinikmati seluruh warga.

“Dari seluruh warga di Kabupaten Malang, saat ini masih sekitar 1,7 juta yang belum mengikuti asuransi. Jadi kami tinggal membuat konsep bagaimana memperhatikan 1,7 juta orang ini,” kata Fauzi.

Darimana anggaran dana untuk program asuransi menyeluruh ini? Fauzi belum memberikan kepastian. “Ini masih proses perencanaa, tinggal bagaimana nanti kemampuan APBD.  Kita juga menunggu Raperda Kesehatan yang ada di dewan,” kata pria bertubuh tambun ini.

Meski masih wacana, hal ini merupakan kabar menggembirakan bagi warga. Hal ini juga mendapat dukungan kalangan akademisi. “Kita semua berharap, semoga wacana itu tidak berhenti pada perencanaan saja, tetapi benar-benar dapat diaktualisasikan dengan konsep yang jelas, mudah, transparan dan tentu saja bersih dari korupsi,” kata Dr. Vina Salviana, MSi, dosen FISIP UMM, yang aktif pada pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. (jbc16/jbc2)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site