Kenali Penyebab Anak Anda Susah Makan

foto : Ilustrasi / Ist

Jurnalberita.com – Salah satu hal yang membuat pusing seorang ibu adalah saat sang anak malas dan sulit makan, bahkan hilang nafsu makannya. Banyak hal yang menjadi penyebabnya. Semua gangguan fungsi organ tubuh dan penyakit bisa berupa adanya kelainan fisik maupun psikis, dapat dianggap sebagai penyebab kesulitan makan pada anak.

Kelainan fisik dapat berupa kelainan organ bawaan atau infeksi bawaan sejak lahir dan infeksi didapat pada usia anak. Secara umum penyebab kesulitan makan pada anak dibedakan menjadi tiga faktor:

1. Hilang nafsu makan. Ini bisa terjadi karena faktor penyajian makanan atau menu tidak bervariasi.

2. Gangguan proses makan di mulut. Bisa saja terjadi akibat masalah di mulut, sariawan, radang tenggorokkan, gigi berlubang atau dikarenakan penyakit lainnya. Guna mencari tahu lebih lanjut, sebaiknya bawa anak memeriksakan diri ke dokter.

3. Pengaruh psikologis. Bisa terjadi lantara si kecil mempunyai trauma pada kegiatan makannya sehingga dia merasa tidak nyaman. Anak merasa terpaksa saat waktu makan tiba, misalnya.

Salah satu keterlambatan penanganan masalah anak susah makan biasanya adalah pemberian vitamin tanpa mencari penyebabnya. Sehingga kesulitan makan anak terjadi berkepanjangan. Bahkan sudah berpindah-pindah dokter dan berganti-ganti vitamin, kesulitan makannya justru tidak membaik.

Jika ingin memberikan vitamin sebagai penambah nafsu makan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Selain itu, jangan sembarang pilih vitamin. Pilihlah yang mengandung kurkuminoid (temulawak) yang berguna untuk menambah nafsu makan.

Pun prebiotic, berguna untuk meningkatkan fungsi pencernaan, penyerapan nutrisi dan juga daya tahan tubuh, DHA yang dapat merangsang perkembangan sel otak anak, hal ini bisa merangsang penyusunan dinding sel saraf hingga timbul penampang yang baik diotak serta EPA, yang berfungsi untuk kecerdasan otak.(m&k/*)

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site