Pemasangan PJU Tenaga Surya Tengah Dikaji

Di jalan inilah ujicoba pemasangan lampu tenaga surya akan dilakukan.(jbc13/jbc)

GROBOGAN (Jurnalberita.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan, saat ini sedang mengkaji pemasangan lampu tenaga surya di sejumlah ruas jalan di Kota Purwodadi. Selain memiliki keuntungan ramah lingkungan, tenaga surya merupakan sumber energy yang tak pernah habis.

“Sedang dilakukan kajian dan penjajakan, apakah pemasangannya bisa efektif bila dibandingkan dengan lampu yang biasa dipasang PLN,”  kata Wakil Bupati Grobogan, Icek Baskoro SH usai menghadiri pertemuan dengan pengusaha asal China, yang menawarkan lampu penerangan jalan bertenaga surya, di ruang rapatnya.

Pertemuan itu dihadiri perwakilan perusahaan lampu tenaga surya dari China, Asisten II Setda Dasuki, Kepala  Dinas Cipta Karya, Tata  Ruang dan  Kebersihan,  HM  Chanif, wakil dari  Disperindagtabem serta wakil dari Dinas Koperasi bagian Perekonomiaan.

Melalui Direktur PT  Raharjo  Elektronik Industri  Handoko, lampu tenaga surya produksi TDG PV China sudah cukup dikenal, tidak hanya di China, melainkan juga banyak digunakan di beberapa negara seperti Amerika, Jepang dan  Jerman. “Di  China, TDG PV merupakan salah satu perusahan terbesar dan produksinya telah banyak di ekspor ke beberapa negara. Perusahaan in berdiri sejak lama dan  berpusat di Zhei Jeng,” kata  Handoko

Di negara asal produsen, kata Handoko, lampu tenaga surya ini sudah dipakai diseluruh desa, bahkan di desa terpencil pun menggunakan lampu tenaga surya.

Sementara itu, Kadis Cipta  Karya HM Chanif menambahkan, sebelum menerima tawaran menggunakan lampu tenaga surya ini, pihaknya akan mengkalkulasi biaya yang dikeluarkan dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan bila menggunakan lampu yang saat ini terpasang.

“Kita sudah meminta contoh lampu tenaga surya untuk dipasang di Jalan Diponegoro Purwodadi sekaligus meminta proposal perkiraan biaya pemaangan yang harus dikeluarkan, bila lampu tenaga surya dipasang di 39 titik,” ungkapnya. (jbc13/jbc2)

 

Tags: , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. PJU tenaga surya nya yang bagus tapi yah, dan yang penting pemeliharaannya karena accu nya suka rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site