Ratusan Hektar Tanaman Padi Diserang WBC

\"\"

TUBAN (Jurnalberita.com) – Lebih dari tujuhratus hektar lahan pertanian di Kecamatan Soko, Merakurak, Rengel, Plumpang dan Singgahan, terserang hama Wereng Batang Coklat (WBC). Akibatnya, tanaman padi berubah menjadi kekuningan dan dikhawatirkan gagal panen.

Hal ini disampaikan Ir. Sudarmadji, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten  Tuban. Peristiwa ini diketahui dan dibuktikan petugas DPPK saat melakukan uji dan survey ke lapangan.

Tanaman para petani hampir tidak bisa dipanen akibat serangan hama. Hal ini juga dikatakan Saimo (61), warga Desa Tuwiriwetan Kecamatan Merakurak. “Panennya gagal mas karena terserang hama semuanya”.

Sementara itu, DPPK Tuban menyatakan, padi yang terserang hama WBC, kebanyakan akan langsung terbakar, sehingga petani yang padinya terserang hama akan gagal panen.

Untuk menanggulanginya, DPPK Tuban akan mengucurkan bantuan obat hama untuk mencegah populasi hama yang sudah merusak tanaman para petani tersebut. Meski di Kabupaten Tuban anggaran untuk penyuluhan para petani sangat minim, kata Sudarmadji, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Provisi Jawa Tmur untuk menanggulangi penyakit tanaman sekaligus mengatasi keresahan para petani.

“Rencananya, bantuan obat hama akan kami ambil besok di Sidoarjo dan langsung akan kami bagikan ke masyarakat yang tanamannya sudah terserang hama,” ujar Sudarmadji

Bantuan obat hama dari provinsi yang akan diterima DPPK Tuban terdiri dari 800 liter obat hama jenis basa dan 800 kg obat hama jenis aploud. (jbc11/jbc2)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*