Saluran Tak Maksimal Penyebab Kota Tuban Banjir

\"\"

TUBAN (Jurnalberita.com) – Hujan yang mengguyur di wilayah Kota Tuban selama hampir 5 jam, Senin (2/5/2011), membuat beberapa ruas jalan tergenang air setinggi lutut orang dewasa. Hal ini membuat para pengendara harus berhati-hati melintasinya. Tak jarang, pengendara yang nekad menerobos genangan air harus mengalami mogok dan terjebak dalam genangan.

Genangan air dan banjir terjadi diduga karena gorong – gorong atau saluran air disekitar ruas jalan terlalu kecil sehingga tak mampu menampung air. Padahal, gorong-gorong yang ditutup dengan keramik tersebut dibangun dan menghabiskan milyaran dana APBD Tuban. Namun, bila melihat munculnya genangan air serta banjir yang terjadi di kota, besar kemungkinan gorong-gorong tak berfungsi dengan baik. Setap hujan deras turun, air cepat menggenangi jalan.

Beberapa ruas jalan yang menjadi menjadi langganan banjir setiap kali hujan deras turun diantaranya Jl. Pramuka, Jl. Basuki Rahmat, Jl. Dr.Wahidin Sudirohusodo. Menurut Nugroho (37), salah satu warga kota Tuban, selain karena tak mampu menampung air hujan, gorong-gorong juga tak terlalu dalam, sehngga pada saat hujan turun deras, langsung penuh dengan air. “Hanya atasnya aja yang kelihatan bagus karena di keramik,” ujarnya. (jb11/jbc2)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*