Tingkat Kelulusan SMA, MA, SMK Pacitan Meningkat

PACITAN (jurnalberita.com) – Empat siswa SMA di kabupaten Pacitan dinyatakan tidak lulus ujian nasional (Unas). Keempatnya dipastikan mengulang kelas atau mengikuti ujian kejar paket C, karena hasil nilai tidak memenuhi batas nilai yang ditentukan

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Pacitan Heru Wiwoho, empat siswa yang tidak lulus unas, 3 dari SMA Negeri Punung. Satu lagi dari SMA Negeri Nawangan dan kesemuanya dari jurusan IPS. “’Tahun ini tidak ada ujian ulangan seperti halnya tahun lalu,” ungkap Heru Wiwoho.

Siswa SMU saat merayakan kelulusannya. (foto:jbc15/jbc)

Diakui, secara umum tingkat kelulusan Ujian Nasional tingkat SMA tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. “Dari 99,797 persen tahun 2010, naik menjadi 99,892 persen di tahun 2011 atau naik 0,095 persen,” ungkap Heru.

Berbanding terbalik, kalau tahun sebelumnya tingkat ketidakkelulusan didominasi siswa SMK. Maka tahun ini untuk siswa SMK dan Madrasah Aliyah tahun ini kelulusan mencapai 100 persen, dari jumlah peserta ujian SMA/MA, SMK tahun ini sebanyak 4.340 siswa.

Tingkat kelulusan yang terus meningkat dari tahun ke tahun, mendapat apresiasi dari Bupati Pacitan, Indartato. Orang nomor satu di Pacitan itu merasa bangga atas pencapaian tersebut, meskipun masih ada yang tidak lulus. Ia berharap daya saing kabupaten Pacitan ke depan makin meningkat.

“Dari tahun ke tahun tingkat kelulusan siswa mengalami kenaikan, tentunya kita berharap tahun depan tingkat kelulusan akan semakin meningkat,” ungkap bupati.

Pengumuman hasil Unas di Pacitan dilaksanakan serentak mulai jam 10.00, Senin (16/5). Demi kelancaran pelaksanaan pengumuman serta menghindari konsentrasi masa yang berlebih, dinas terkait menekankan pelaksanaan pengumuman dilakukan tertutup. Meskipun demikian, para siswa yang dinyatakan lulus tetap saja melakukan aksi konvoi serta corat coret seragam sekolah. Sebagai langkah antisipasi, pihak kepolisian menerjunkan ratusan petugas untuk mengawal dan menjaga aksi para siswa tersebut. (jbc15/jbc1)

Tags: , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. ha…ha… sing tengah iku anak e pak Ruswandi, Sekcam Bandar…!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site