Warga Resah Ulat Bulu Serang Kota

Petugas POPT Dinas Pertanian Gresik tengah melakukan identifikasi ulat bulu. (jbc/*)

GRESIK (Jurnalberita.com) – Dinas Pertanian Gresik kini disibukkan dengan serangan ulat bulu yang mulai bergerak dan menyerang pohon di kota Gresik. Di Jalan Fakih Usman X, Kelurahan Kemuteran Kecamatan Gresik, pohon yang tumbuh dirumah kosong serta berada di perkampungan padat penduduk, diserang dan habis disantap ulat bulu.

Lurah Kemuteran, Heru Budi Setyawan akhirnya berkoordinasi dengan Pihak Kecamatan dan Dinas Pertanian Gresik. Dalam identifikasi, petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Dinas Pertanian Gresik Herry Nuryanto didampingi Sekcam Gresik, Budi Raharjo menemukan serangan ulat tak hanya menghabiskan seluruh daun pada tanaman, namun merambah ke genting rumah penduduk, hingga beberapa tanaman kecil disekitarnya.

Herry Nuryanto melalui Kabag Humas menjelaskan, ulat yang menyerang di Kecamatan Gresik berbeda dengan jenis ulat yang menyerang beberapa tempat di Gresik. Salah satu upaya pembasmian dengan menebang pohon yang terserang.

“kami himbau agar masyarakat sekitar melokalisir serangan dengan menjaga tanaman yang ada di pot. Bila serangan sudah parah dan tanaman sudah tidak bisa direhabilitasi, sebaiknya dicabut atau dimusnahkan,” jelasnya yang mengklaim bila ulat jenis ini tidak gatal.

H. Zulaikha, waga sekitar rumah yang diserang ulat menyatakan keresahannya. “Sudah 4 hari ini, kami sekeluarga tidak tenang. Soalnya ulat masuk sampai dalam rumah, di dapur dan bergantungan dari atas plafond.”

Pengakuan senada disampaikan Zainudin. Warga yang tinggal berseberangan dengan  Zulaikha. Ia mengaku bila ulat bulu seringkali terlihat di teras rumahnya karena tertiup angin. (jbc6/jbc2/*)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site