Kepala, Leher dan Pundak Terasa Tegang?

(jurnalberita.com) – Sakit kepala yang disertai dengan pundak dan leher terasa tegang, kram atau kaku, merupakan sakit kepala yang sering diderita banyak orang.

Faktor utama penyebab sakit kepala ialah, terlalu banyak memikirkan sesuatu yang tak jelas, kelelahan, yang pada akhirnya berakibat pada stres. Biasanya orang yang banyak hutang dan sering ditagih oleh debt collector, contohnya, pasti dekat dengan sakit kepala.

\"\"Karena terlalu banyak berpikir yang berat-berat atau karena pekerjaan, bisa menjadi alasan utama kenapa otot-otot di sekitar leher dan pundak terasa tegang. Karena otot di pundak dan leher terasa tegang maka alur syaraf yang menuju kepala akan terasa tegang juga, hal ini sangat berhubungan sekali.

Terkadang juga, sakit kepala bisa disebabkan oleh Anemia (kurang darah atau darah rendah). Jika anda memiliki gejala anemia kurang darah, biasanya badan sering merasa letih, lesu, lemah, mudah mengantuk dan kurang bergairah. Jika anda kurang darah, gejalanya bisa nampak saat duduk terlalu lama dan ketika bangun kepala langsung terasa  berkunang-kunang.

Solusi Mengatasi Sakit Kepala

Jika sakit kepala menyerang disertai dengan pundak leher terasa kaku, cobalah untuk mengerak-gerakkan lengan ke atas dan ke bawah, kepala diputar ke kanan dan ke kiri. Lakukan berulang-ulang dan perlahan, hingga pundak terasa agak ringan.

Cobalah untuk dipijat, dimulai dari pundak, leher dan kepala secara perlahan dan berurutan.

Jika masih terasa sakit, minum obat generik sakit kepala seperlunya dan jangan melebihi dosis.

Jika sakit kepala karena tekanan darah rendah atau anemia, minumlah nutrisi penambah darah secara teratur dan lakukan pemijatan dan mengerak-gerakkan lengan, pundak dan leher. (*)

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*