Komisi A Ganti Perda Pelayanan Publik

Saut Marisi Siahaan ketika diwawancarai wartawan. (foto : jbc5)

SURABAYA (Jurnalberita.com) – Tak hanya merubah, Komisi A bidang Pemerintahan dan Hukum di DPRD Jatim, akan mengganti Peraturan Daerah (Perda) Pelayanan Publik. “Pergantian ini, untuk mempertahankan Komisi Pelayanan Publik Jatim,” tandas Saut Marisi Siahaan SH, anggota Komisi A dari fraksi Partai Demokrat (PD).

Alasan lain, menurut Saut Marisi, Perda Pelayanan Publik (PP), karena isi dari esensi Perda No. 11 Tahun 2005 dinilainya sudah ‘out of date’, sejak lembaga Ombusdman ditasbihkan. Meski ada lembaga ombusdman, lanjut Saut Marisi, Komisi Pelayanan Publik KPP) Jatim akan dipertahankan.

“KPP Jatim punya peran penting yang strategis dalam fungsi pengawasan Pelayanan Publik. Sebab, Komisi A sendiri kemampuan dilapangan sangat terbatas. Jadi, peran KPP Jatim hendaknya dipertahankan dengan mengefektifkannya pula,” ungkap Saut saat ditemui di The Empire Palace Surabaya.

Tokoh PD Banyuwangi itupun mengaku, pergantian Perda PP ini juga terkait soal anggaran. KPP Jatim secara nomenklatur tidak memiliki anggaran sehingga lemah dari sisi dana atau keuangan dan selama ini ikut dalam Kesekretariatan Dewan (Sekwan) Jatim.

“Dengan pergantian Perda PP itu, diharapkan keberadaan lembaga KPP Jatim makin kuat, termasuk dari sisi keuangan dan keberadaan hukumnya,” kata Saut Marisi. (jbc5/jbc2)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site