Piala Adipura Diarak Hingga Pelosok Desa

\"\"

PACITAN (Jurnalberita.com) – Keberhasilan Kabupaten Pacitan memboyong Anugerah Adipura untuk kali keempat disambut suka cita masyarakat. Penghargaan tertinggi bidang kebersihan itu langsung diarak menyusuri  Kota Pacitan.

Piala Adipuira ini diarak mulai dari perbatasan Kabupaten Pacitan dengan Jawa Tengah, tepatnya di Kecamatan Donorojo. Bupati Pacitan Indartato yang membawa Piala Aipura langsg memberikan kepada Camat Donorojo, dan akan bergulir di tiap kecamatan yang dilalui kirab hingga tiba di pendopo kabupaten. Saat berada di Pacitan kota, secara khusus Piala Adipura diarak keliling melalui desa-desa dan mendapat sambutan meriah dari masyarakat yang melihat langsung di pinggir jalan.

Bupati Pacitan Indartato saat menerima kembali Piala Adipura di pendopo kabupaten mengatakan, prestasi ini merupakan buah kerja keras seluruh komponen masyarakat. “Saya mewakili pemerintah daerah menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Pacitan, terlebih kepada  jajaran pasukan kuning atau petugas kebersihan,” kata Indartato.

Bupati berharap agar penghargaan akan meningkatkan motivasi agar dapat mencapai tujuan yang lebih baik, “Mempertahankan itu lebih sulit. Semoga prestasi ini dapat berlanjut di tahun mendatang,” jelas Indartato.

Terpisah, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Pacitan, Joni Maryono menyatakan, pencapaian ini merupakan dorongan semangat untuk meningkatkan kebersihan di Pacitan. Intinya, kata Joni, peran serta masyarakat dapat terus ditingkatkan, menjaga kebersihan dan memanfaatkan sampah agar tidak menumpuk di pembuangan.

Hal itu pula yang menjadi poin penting penilaian Adipura, yakni memperkecil penggunaan sampah, terutama limbah rumah tangga yang tidak bisa didaur ulang. Untuk mendapat anugerah tertinggi bidang kebersihan tahun ini, lanjut Joni, lebih berat dibanding tahun sebelumnya. “Dari kabupaten/kota se-Indonesia, tahun ini hanya diambil 63. Padahal, tahun lalu sebanyak 140 kabupaten/kota.  Di Jawa Timur, Kabupaten Pacitan mendapat piala Adipura bersama 14 kabupaten/kota lain,” ungkapnya. (jbc15/jbc2)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*