Razia Wilayah Perbatasan, Unit Patroli Dipersenjatai Lengkap

Sebelum bertugas, mereka mendapatkan pengarahan dari komandan satuan. (foto:jbc15/jbc)

PACITAN (jurnalberita.com) – Meski sejumlah pelaku penembakan anggota polisi sudah ditangkap dan tewas, namun kesiagaan tetap diberlakukan.

Selain mempersenjatai lengkap unit patroli, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pacitan, Jawa Timur (Jatim) mengintensifkan razia di perbatasan. Khususnya dengan wilayah Jawa Tengah (Jateng). “Kita tekankan pada seluruh anggota. Termasuk wilayah terjauh Polsek,” ujar Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pacitan, AKBP Gatot Haribowo.

Kesiapan itu paling tidak terlihat dari satu unit patroli yang bertugas. Semua personil dipersenjai lengkap, baik senjata laras pendek maupun panjang. Sebelum bertugas, mereka juga mendapatkan pengarahan dari komandan satuan. Lokasi sasaran patroli meliputi obyek-obyek vital, seperti perkantoran, bank, lokasi wisata maupun kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kecamatan Sudimoro.

Tak hanya pengamanan secara terbuka, pengamanan tertutup juga dilaksanakan dengan melibatkan kekuatan intelijen. Tujuannya sebagai deteksi dini terhadap munculnya paham radikalisme di masyarakat. Mengenai waktu pelaksanaan pengamanan maupun razia, Kapolres enggan menjelaskan. Termasuk kemungkinan penambahan personil pengamanan di beberapa lokasi vital.

“Sudah kami perhitungkan, tapi jumlah personilnya tidak bisa kami sampaikan,” jelas dia.

Selain mempersenjatai lengkap unit patroli, jajaran Polres Pacitan mengintensifkan razia di perbatasan, khususnya wilayah Jateng. (foto:jbc15/jbc)

Namun seperti pengalaman terdahulu, titik-titik razia berada di Kecamatan Tegalombo yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, Kecamatan Sudimoro berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek serta Kecamatan Donorojo yang berbatasan dengan Jateng dan DI Yogyakarta.

Khusus di wilayah Kecamatan Donorojo, operasi dan razia biasanya dilakukan dengan kekuatan penuh yang melibatkan semua satuan, mulai Satuan Lalu Lintas (Satlantas), Sabhara, Reserse dan Kriminal (Reskrim), dan Intelkam, sebab, di wilayah paling barat itu berbatasan dengan dua provinsi. Terlebih di wilayah Jateng, tepatnya di Kabupaten Sukoharjo, sering dilakukan operasi penggerebekan terhadap terduga pelaku teror oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri. (jbc15/jbc1)

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site