Sanjipak ONH Plus Diganjar 1 Tahun 2 Bulan

Terdakwa penipu ONH. (jbc6/jbc)

GRESIK (jurnalberita.com) – Nur Qomari (35), warga Jl.Sindujoyo Kelurahan Kroman, Kecamatan Gresik, terdakwa dalam perkara penipuan terhadap dua calon jamaah ONH plus, diganjar hukuman 1 tahun 2 bulan penjara, dalam sidang yang digelar di pengadilan negeri (PN) Gresik, Senin (27/06/2011).

Dalam amar putusannya, majelis hakim yang diketuai Bambang Haruji SH, dengan anggota M.Fathan SH dan Mustajab SH menyatakan, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penipuan dan melanggar pasal 378 KUHP.

“Kami menganggap tidak ada alasan pembenar dengan apa yang dilaukan oleh terdakwa. Untuk itu, majelis berpendapat apa yang dilkukan oleh terdakwa merupakan tindak pidana penipuan. Untuk itu majelis menghukum terdakwa dengan hukuman penjara selama 1 tahun 2 bulan,” tegas Bambang dalam putusan yang dibacakannya.

Vonis tersebut, lebih ringan dari tuntutan JPU, ER Handaya SH yang menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 1 tahun 3 bulan. Terdakwa diseret ke depan meja hijau akibat tindak pidana penipuan terhadap saksi korban, Soejadi sebesar Rp. 95 juta. Hal itu dilakukan terdakwa sekitar bulan Agustus sampai Maret 2011 dengan cara mendatangi rumah korban, agar korban menjadi jamaah haji ONH plus.

Setelah terjadi pembicaraan, akhinya korban menyetujui untuk mendaftar sebagai calon jamaah haji Plus bersama Sang istri. Korban percaya dan menyerahkan uang, lantaran terdakwa mengatakan bila dirinya merupakan karyawan salah satu biro dan travel perjalanan haji yang beralamat di Jl. Kemayoran Surabaya.

Namun, setelah mendapatkan uang dari korban, terdakwa tidak menyerahkan uang tersebut ke kantor biro perjalanan haji seperti yang dikatakan dan diakuinya, melainkan dipergunakan sendiri. Merasa dirugikan, korban melaporkan masalah ke polisi hingga prosesnya berujung ke persidangan. (jbc6/jbc2)

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site