SNMPTN di Unhas Bocor, 12 Peserta Diamankan

\"\"

MAKASSAR (jurnalberita.com) – Dalam pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Makassar, Sulawesi Selatan, petugas harus mengamankan 12 pesertanya, terkait dugaan bocornya soal ujian pada hari kedua. Diduga, ada praktik joki dalam pelaksanaan ujian kali ini.

Mereka kini diamankan di dua lokasi SNMPTN yaitu, kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) dan SMA Negeri 6. Ke 12 peserta ujian ini menerima jawaban dengan cara bervariasi.

Humas Unhas, Dahlan Abubakar menyatakan, umumnya peserta mendapatkan jawaban melalui pesan singkat (SMS) dari HP dan dari lembar jawaban soal. Mereka menerima jawaban di lokasi kampus, dari orang yang memiliki jawaban tersebut. “Katanya mereka tidak saling kenal. Mereka ketemu di kampus dan membayar Rp 25 ribu,” kata Dahlan, Rabu (1/6/11) di Gedung Rektorat Unhas.

Satu diantaranya bernama MA yang kedapatan menggunakan ijazah palsu. Siswa tamatan MAN 1 Kabupaten Pinrang tahun 2006 ini memalsukan tahun ijazah menjadi 2011. “MA ini bertindak sebagai pembagi jawaban. Dia menyerahkan ke HA. HA ini juga menyampaikan ke peserta yang lain,\” tambah Dahlan.

Ditengarai, mereka memiliki jaringan tertentu. Salah satu bukti adanya nomor ponsel yang sama dalam SMS yang diterima MA maupun HA. Sedangkan, joki untuk 10 orang peserta lainnya belum diketahui. Mereka mengaku mendapatkan jawaban dari orang yang tak dikenal berada di lingkungan lokasi ujian.

Terkait kasus ini, Dahlan mengatakan pihaknya masih mencocokan data yang ada dengan jawaban peserta. “Kita masih belum tahu, kalau kebenaran 60-70 persen kemungkinan bocor,” tambah Dahlan.

Kedua belas orang tersebut adalah Di, AR, DK, HA,SU,He,AA,AZ, RO,AR,SU dan MA. Mereka mendaftar untuk menjadi mahasiswa Universitas Hasanuddin. (kcm/jbc1)

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*