ABG Terdakwa Curanmor Divonis 1 Bulan 20 Hari

\"\"

GRESIK (jurnalberita.com) – Terdakwa Hamid AD (14), warga Perum Graha Mutiara Indah Driyorejo, yang masih duduk di kelas 2 SLTP, dinyatakan bersalah dan harus menjalani hukuman penjara akibat tindak pidana yang dilakukan.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Gresik, yang diketuai Fathul Mujib SH dengan anggota I Gede P. Saptawan SH dan Dameria FS SH, menghukum terdakwa  yang tergolong anak dibawah umur dengan putusan 1 bulan 20 hari, dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Gresik, Selasa (12/7/11).

“Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pencurian sesuai dengan pasal 362 KUHP. Tindak pidana tersebut dilakukan terdakwa dengan cara mencuri satu unit Sepeda Motor Honda supra X 125 milik korban Nanang Rudiyanta,” tegas Fathul dalam sidang dengan agenda pembacaan putusan.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nurlaila SH yang menuntut terdakwa dengan hukuman selama 3 bulan. Kasus yang menyeret terdakwa, hingga bergulir ke meja hijau terjadi lantaran peljar SMP ini melakukan tindak pidana pencurian sepeda motor.

Tindak pidana tersebut dilakukan pada hari Kamis (26 Mei 2011) di Perum Graha Mutiara Indah Desa Mojosarirejo Kecamatan Driyorejo. Saat itu, terdakwa tengah duduk seorang diri di pos penjagaan perumahan. Menjelang Mahgrib, sekitar pukul 18.00 WIB, terdakwa melihat sepeda motor Supra X 125 milik korban Nanang Rudiyanta terparkir di depan rumah.

Tiba-tiba saja, muncul niat jahat terdakwa mengambil sepeda motor. Namun, saat motor sudah didapat, terdakwa tidak dapat menghidupkan mesin. Saat terdakwa mendorong motor dan belum sempat menikmati hasil kejahatannya, ulahnya kepergok tetangga korban, dan melaporkannya ke aparat kepolisian, sampai kasus dan perkaranya bergulir di pengadilan dn menghsilkan keputusan dari majelis hakim yang menyidangkan. (jbc6/jbc2)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*