Ahli Grafis Komputer Didakwa Memalsu Surat

\"\"

GRESIK (jurnalberita.com) – Memiliki keahlian dalam bidang grafis komputer, ternyata dimanfaatkan Dian FL (29), warga Rungkut Lor Madya, secara negatif dan melanggar hukum. Akibatnya, ia harus berurusan dengan aparat kepolisian dan kini kasusnya bergulir di pengadilan.

Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Gresik, Selasa (5/7/2011), JPU Suprayitno SH mendakwanya telah melakukan pemalsuan surat. Dalam dakwaannya, JPU menerangkan bahwa terdakwa sekitar bulan Oktober 2010 bertempat didepan Universitas Pembangunan Nasional di Surabaya, membuat SIM C palsu pesanan temannya.

Usai membuatkan SIM C palsu,  terdakwa menyerahkan kepada Jujur Setyo Utomo pada 25 Oktober 2010, di tempat kerjanya PT. Iglas. Namun, saat SIM C palsu tersebut digunakan, terjaring operasi lalu lintas yang digelar anggota Polsek Duduk Sampean Gresik.

“Terdakwa meminta foto dari Jujur Setyo Utomo serta identitasnya. Tidak hanya itu, terdakwa juga meminta nama Kapolres Tuban serta NRP dan tanda tangannya untuk dipalsukan dalam pembuatan SIM C. Oleh karenanya, kami mendakwa dengan pasal 263 ayat (1) KUHP tentang pemalsuan surat,” terang JPU dalam sidang.

Sidang yang diketuai majelis hakim Fathul Mujib SH dengan anggota Dameria FS SH dan I Gede P. Saptawan SH, ditunda minggu depan untuk mendengar keterangan beberapa saksi. (jbc6/jbc2)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*