Hari Terakhir Pengumuman, Sistem PSB Online Error

\"\"

TUBAN (jurnalberita.com) – Penerimaan siswa baru tingkat SLTA di Tuban yang dilakukan secara online ini, membuat cemas beberapa orang tua calon siswa. Karena di hari terakhir pengumuman sistem online mengalami error, membuat mereka tidak bisa memantau lewat internet.

Pendaftaran bagi siswa siswi yang akan melanjutkan ke jenjang SMA Negeri/SMK Negeri di kabupaten Tuban ini, kini memakai sistem pendaftaran secara online. Sehingga orang tua yang akan mendaftarkan anaknya, cukup ke salah satu sekolah terdekat, dengan jumlah pilihan maksimal 4 sekolahan yang diminati.

Pantauan jurnalberita.com di SMA Negeri 3 Tuban, banyak orang tua yang kecewa karena tidak bisa melihat pergerakan nilai skor anaknya di hari terakhir, Selasa (5/7).

“Saya cemas belum bisa melihat pergerakan nilai skor anak saya karena sistemnya yang error. Seandainya peluang anak saya tidak diterima di SMA Negeri, secepatnya saya cabut lalu mendaftarkan di SMK Negeri,” keluh seorang ibu yang sedang menunggu hasil akhir pengumuman.

Lanjutnya, nilai lulusan MTs Negeri / MTs swata maupun SMP swasta kali ini, nilai rata-ratanya tinggi. Seandainya sistem online ini lancar pada jam 11.00 tadi, masih ada waktu bagi saya untuk menarik data anak saya lalu mendaftarkan di SMK. Kalau sekarang saya tak bisa apa-apa, karena tadi saat menanyakan pada panitia PSB SMAN 3 Tuban, untuk melihat datanya bisa dilihat di internet.

Sementara di tempat yang berbeda, SMK Negeri 2 Tuban juga mengalami nasib yang sama, sistemnya juga error. Panitia SMK Negeri 2 mengeluh karena tidak dapat memasukkan data para pendaftar di SMK Negeri 2 Tuban.

“Hari ini kita masih menerima pendaftaran, bagi orang tua yang akan mendaftarkan putra putrinya di SMK Negeri. Namun kita tidak dapat memasukkan datanya, karena ada gangguan pada sistem,” jelas Kartejo S.pd, salah seorang guru SMKN 2 Tuban.

Di tempat terpisah, Drs Sutrisno MM selaku Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Tuban saat dihubungi melalui telepon, Selasa (5/7/11) mengatakan, Kita akan benahi sistemnya besok dan lusa, sehingga data yang sudah masuk di panitia dapat segera diakses para orang tua pada Jumat (8/7) nanti.

“Saya jamin bagi siswa yang diterima tidak akan berubah pada saat pengumuman nanti, hanya karena sistem online yang mengalami gangguan sekarang,” ujar Drs Sutrisno MM.

Saya ketuk hatinya, lanjutnya, bila ada hacker (pengganggu) yang dengan sengaja mengacaukan sistem online PSB, kami mohon supaya jangan mengganggu. Karena penerimaan siswa baru SMAN/SMKN yang menggunakan sistem online ini juga untuk kepentingan masyarakat banyak. (jbc3/jbc1)

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*