Jam Kerja Pemkab Bogor Berkurang Satu Jam

BOGOR (jurnalberita.com) – Selama Ramadhan 1433 H, jam kerja di lingkungan Pemkab Bogor akan berkurang selama satu jam, dan sekolah-sekolah diliburkan tiga hari dan jam belajar juga berkurang dibanding hari biasa.

Sebelum Ramadhan, jam kerja PNS dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 16.00, tapi saat bulan puasa, PNS masuk kerja pukul 08.00 dan pulang pukul 15:00.

Untuk apel pagi dimulai pukul 07.45. “Kebijakan ini berlaku bagi seluruh PNS di lingkungan Pemkab Bogor selama Ramadhan,” ujar Sekda Kabupaten Bogor, Nurhayati, Rabu (27/7/11).

Menurut Nurhayati, pemberlakuan jam kerja ini dimulai sejak awal hingga akhir Ramadhan 1433 Hijriah. “Sedangkan kegiatan senam pada hari Jumat ditiadakan,” katanya. Bagi unit kerja yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, seperti PNS di rumah sakit, Puskesmas, DLLAJ, Satpol PP dan pegawai kebersihan tetap melaksanakan tugasnya dengan mengatur pegawainya secara intern.

Adanya pengurangan jam kerja, diharapkan PNS dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusyu dan tidak ada lagi yang bolos. Meski demikian, pihaknya akan melakukan sidak di awal-awal puasa. “Seperti awal Ramadhan sebelumnya, Bupati akan sidak dan bagi PNS yang bolos pasti dikenakan sanksi,” tambahnya.

Sementara untuk siswa sekolah diliburkan selama tiga hari pada awal Ramadhan dan jam belajar juga dikurangi dari hari-hari biasa. Untuk sekolah pagi, kegiatan belajar mengajar dari Senin hingga Kamis dimulai pukul 08.00-11.30 dan hari Jumat pukul 08.00-11.00.

Sementara untuk sekolah siang, Senin-Jumat dimulai pukul 13.00-16.00 dan Sabtu pukul 01.00-15.30. “Selama bulan puasa, kegiatan belajar difokuskan pada kegiatan yang bersifat keagamaan, seperti pesantren kilat. Menjelang Idul Fitri, Disdik juga meliburkan kembali proses belajar mengajar di sekolah,” ujar Humas Disdik, Rony Kusmaya.

Dikatakan, meskipun sekolah libur, tapi semua pegawai Disdik dan UPTK wajib melaksanakan tugas pada hari pertama puasa. Untuk memonitor pegawai di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, pihaknya akan sidak pada hari pertama puasa. “Kita bakal menerjunkan Tim Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (TPPM) untuk sidak ke UPTK kecamatan. Kalau ada pegawai yang bolos bakal dikenakan sanksi,” tegasnya. (kjc/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site