Komplotan Penipu Modus Undian Berhadiah Dibekuk

\"\"

SURABAYA (jurnalberita.com) – Operasi cipta kondisi yang digelar Polsek Genteng di Jlan Gentengkali membuahkan hasil. Lima orang pelaku yang diduga komplotan penipu bermodus undian berhadiah berhasil diringkus.

Kelima pelaku yang kini meringkuk di tahanan Polsek Genteng yakni, Hendrawan (22), Darwis (27), Asrilanu (25) dan Badrul (19), keempatnya merupakan warga Makassar yang tinggal di perumahan Wisma Tengger serta Mulyadi (23), warga Ngeni Jaya.

Polisi menemukan ratusan brosur dan informasi tentang undian berhadiah di dalam plastik putih yang mereka bawa. Informasinya brosur-brosur ini hendak disebarkan ke rumah-rumah calon korban dengan harapan korban melihat brosur dan menhubungi nomor telepon sesuai dengan nomor yang ada dalam brosur.

Saat korban menghubungi tersangka, korban diiming-imingi mendapatkan sejumlah hadiah, seperti mobil, motor hingga rumah. Saat itulah korban yang terperangkap jebakan kupon undian, diarahkan tersangka untuk menyetor biaya administrasi melalui transfer bank kepada para tersangka, yang nilainya mencapai puluhan juta.

Meski telah menyetor uang sesuai keinginan tersangka, namun korban tidak akan pernah mendapatkan hadiah karena semuanya itu merupakan tipuan. “Kelima pelaku ini sudah beraksi sejak 2010 dan sudah memakan 59 korban. Ada 30 buku tabungan dan 10 ATM yang dijadikan barang bukti. Setelah kami periksa nilainya lebih dari 100 juta,”  tutur Kapolsek Genteng Kompol Arif Budi Setyo. (jbc2/sci)

Tags: , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Ada beberapa korban penipuan di Tuban mengingat bukti kurang kuat untuk diajukan/ dilaporkan kepolisi maka banyak penipu-penipu di daerah ini tidak bisa bisa berantas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*