Krisis Air Sudah Lama, Droping Masih Dijadwal

GROBOGAN (jurnalberita.com) – Meski terkesan lambat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan mulai merencanakan melakukan droping atau menyalurkan air bersih ke sejumlah desa yang dilanda kekeringan. Saat ini tengah disusun jadwal pengedropan atau pmberian bantuan air bersih lantaran keterbatasan jumlah truk tanki.

Untuk memudahkan dan mempercepat droping atau penyaluran air bersih sampai ke warga, Pemkab langsung mengambil air dari beberaapa lokasi sumber air yang terdekat dengan wilayah atau lokasi kekeringan.

“Mengenai lokasi pertama atau giliran berikut, baru kami susun. Meski jatah tiga tanki tiap desa, tidak tertutup kemungkinan jatah ditambah sesuai kondisi serta jumlah warga,’’ kata Kasubag Sosial Setda Grobogan Drs Gintono Bejo.

Gintono menambahkan, Pemkab akan menggunakan delapan truk tangki, dua truk milik Pemkab, lima truk tanki milik PDAM dan satu milik dinas sosial. “Kami juga berkoordinasi dengan Bakorwil Pati yang tahun sebelumnya ikut membantu,” imbuh Gintono.

Air yang akan disalurkan ke masyarakat berasal dari beberapa sumber mata air sesuai dengan wilayah. Untuk wilayah timur, air akan diambil dari sumber air Sendang Coyo (Pulokulon), Tlogotirto (Gabus), dan Moedal (Wirosari). Sementara wilayah barat, menggunakan air bersih dari sumber di Tanggungharjo, Padang (Tanggungharjo),dan Sendang Ngubalan, Desa Sumber Rejosari  (Karangrayung).

’’Soal anggaran tidak ada masalah. Sudah kami siapkan dana operasional. Setelah kami konsultasi ke Pemprov, anggaran bantuan air bersih bagi desa bisa menggunakan pos belanja langsung, karena sudah menjadi kegiatan rutin setiap kemarau,” kata Gintono.

Di Kabupaten Grobogan, terdapat 110, dari 280 desa dan kelurahan, yang mengalami kekeringan. Akibatnya, tak sedikit warga harus mencari air bersih ke tepi hutan, hingga keluar desanya meski harus menempuh jarak puluhan kilo. (jbc13/jbc2)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site