Makam Gus Dur Dipenuhi Peziarah

\"\"JOMBANG (jurnalberita.com) – Menjelang bulan Ramadhan 1432 Hijriah, peziarah di makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, semakin ramai.

Peningkatan jumlah peziarah mulai nampak sebulan lalu. “Sejak liburan sekolah mulai, peziarah makin meningkat. Tidak hanya dari Jawa, tetapi juga dari Madura, Kalimantan dan Sulawesi,” jelas petugas posko tamu makam Gus Dur, Kholilo.

Mereka tidak hanya datang secara berombongan dengan menggunakan bus dan kendaraan umum, tetapi juga kendaraan pribadi roda empat dan roda dua. \”Sudah tradisi, sebelum ada makam Gus Dur, kompleks pemakaman ini menjelang puasa juga selalu ramai dikunjungi peziarah,\” katanya.

“Peningkatan jumlah peziarah yang terjadi sejak sebulan yang lalu tersebut berkisar 3.000 orang per hari. Pada hari biasajumlah peziarah berkisar 2.000 orang per hari, kecuali pada hari libur, Minggu, atau Jumat Legi,” jelasnya.

Hingga saat ini, katanya, para peziarah masih lebih senang memarkir kendaraannya, tidak terkecuali bus, di tepi Jalan Raya Jombang-Batu, Malang, yang mengakibatkan kendaraan lainnya yang melintas di kawasan setempat terpaksa berjalan merayap.

Pembenahan lokasi parkir peziarah, katanya, masih menunggu rampungnya pembangunan lapangan parkir di atas tanah seluas 5 hektar, yang lokasinya di selatan makam Gus Dur. Diperkirakan pembangunan infrastruktur seperti lapangan parkir, museum, dan perpustakaan rampung pada 2014. (kcm/jbc1)

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*