Sejak Juni Tiga Dusun Kekurangan Air Bersih

\"\"

GROBOGAN (jurnalberita.com) – Warga di tiga dukuh di Desa Lebak, yang berpenduduk sekitar 150 Kepala Keluarga (KK), mengalami kekeringan sejak Juni lalu. Tiga dusun tersebut adalah Dusun Linduk, Welahan serta Klampok. Akibat kekeringan, warga terpaksa memanfaatkan air belik (penampungan air di dekat sungai) untuk mencuci pakaian, mandi bahkan memasak.

Salah seorang warga Welahan, Kliwon (53) mengatakan, kondisi kekeringan telah dialami warga sepanjang Kali Gede, terjadi sejak bulan Juni hingga saat ini. Hal ini bakal semakin parah bila sampai bulan September mendatang, hujan tidak turun.

Hal yang sama dikatakan Wakijo. Menurutnya, selama ini  Kali Gede merupakan sumber air bagi masyarakat sekitar desanya. “Karena Kali Gede yang membelah tiga desa sudah tidak dialiri air dari kawasan Mruwo, warga yang sehari-hari memanfaatkan air dari sungai ini akan kesulitan dan kekeringan,” kata Wakijo.

Selain untuk mandi, air sungai tersebut juga digunakan untuk kebutuhan masak dan minum. Jika kering seperti ini, kata dia, warga menunggu waktu pagi dan sore, bila air di belik mulai penuh. “Itu pun harus antri karena banyak warga yang membutuhkan dan memakainya,” ungkapnya.

Menurutnya, sebagian warga juga masih menggantungkan kebutuhan air bersih dari sumur. Namun, saat ini kondisinya juga kering. Penggunaan airpun harus ekstra hemat. Akibat kondisi tersebut, warga hanya mandi sehari sekali, pada sore hari, karena di pagi hari, air dari belik digunakan untuk anak-anak yang akan berangkat sekolah.

“Biar mereka kalau berangkat sekolah segar. Kalau buruh tani mandi siang atau sore gak apa-apa. Soal droping air, kita sudah berkali-kali minta ke perangkat desa tapi sampai sekarang tidak ada,” katanya.

Terpisah, Subadi, Kasi Pemerintahan Dusun Linduk Desa Lebak Grobogan mengakui, hingga saat ini memang belum ada droping air dari pemerintah. Untuk sementara ini, ujarnya, warga di tiga dukuh tersebut masih mengandalkan air Kali Gede, selain sumur pribadi. “Kondisinya memang seperti itu. Sampai sekarang belum ada droping air. Kekeringan dipastikan hampir tiap tahun terjadi di sini,” katanya. (jbc13/jbc2)

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*