30 Persen Warga Gresik Tak Miliki Akte

Hermanto TH Sianturi. (foto:ist)

GRESIK (jurnalberita.com) – Pemerintah Kabupaten Gresik yang memiliki jumlah penduduk sebesar 1,3 juta jiwa, ternyata masih ada 30 persen warganya yang belum memiliki akte kelahiran.

Kondisi ini menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, dan Sosial (Dispenduk Capilsos) Pemkab Gresik.

Upaya yang dilakukan Pemkab Gresik untuk mengantisipasi hal ini diantaranya adalah menggelar pengurusan massal akte kelahiran bagi penduduk yang belum memiliki melalui jalur birokrasi tingkat desa. Seperti yang dilakukan di Kecamatan Sangkapura dan Tambak, terkoordinir pengurusan massal akte kelahiran sebanyak 3000 orang penduduk yang belum ber-akte kelahiran, secara gratis sejak 2 bulan terakhir.

“Pengurusan massal ini dilakukan kepala desa setempat, kemudian dikoordinasikan ke kecamatan baru ke dinas. Karena sifatnya massal, maka mendapat dispensasi. Lebih cepat, mudah dan gratis,” kata Kepala Dispendukcapilsos, Hermanto TH Sianturi, Rabu (24/8/11).

Kendala di lapangan, terang Hermanto, seringkali masyarakat baru mengurus akte kalau sudah membutuhkan. Padahal, kalau setiap kepala rumah tangga sadar, setiap kelahiran anggota keluarga baru wajib diuruskan akte kelahiran. Sesuai peraturan yang berlaku, pengurusan akte kelahiran hingga 60 hari masa kelahiran gratis. Yang penting, semua persyaratannya harus dilengkapi.

Lanjutnya, diperlukan kesadaran setiap kepala rumah tangga untuk menguruskan akte kelahiran bagi anggota keluarganya yang baru lahir. Dan yang tidak kalah penting juga, kemauan birokrasi lokal, dalam hal ini Kepala Desa, untuk juga proaktif menguruskan akte kelahiran massal bagi warga yang belum memiliki. “Karena menurut Kadispendukcapilsos, masih ada beberapa kepala desa yang enggan mengurusi kepentingan warganya tersebut,” jelas Hermanto.

“Akte kelahiran merupakan hak dasar bagi setiap warga Negara. Apalagi berkaitan dengan wajib belajar 9 tahun, kalau anaknya ingin mendapatkan sekolah yang sesuai keinginan, salah satu prasyaratnya, ya harus memiliki akte kelahiran,” pungkasnya. (jbc6/jbc1)

 

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site