Diskriminatif, Tunjangan Guru Madrasah Tak Cair

\"\"TUBAN (jurnalberita.com) – Bila ratusan Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa bernafas lega karena gaji dan tunjangan tetap profesi (TTP) mereka akan dibayar sebelum lebaran, berbeda dengan ratusan guru Madrasah. Mereka hanya bisa gigit jari karena tunjangan fungsional (TF) tidak cair.

“Untuk gaji guru PNS, Insya Allah akan cair sebelum lebaran. Kalau tunjangan yang lain sudah banyak kan ada TTP juga,” ujar Sutrisno, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban.

Hal berbeda terjadi pada ratusan guru madrasah. Mereka hanya bisa pasrah karena pencairan Tunjangan Fungsional (TF), sebagai satu-satunya pendapatan tidak bisa cair menjelang lebaran  tiba.

“Tidak ada harapan cair bulan ini, ya gimana lagi pemerintah tidak mencairkanya, Padahal, kita hanya berharap TF bisa cair sebelum lebaran,” ujar Irfan, guru madrasah di Kecamatan Kota.

Terpisah, Kepala Kementerian Agama Tuban Leksono MPd.I ketika dikonfirmasi (23/8/11) mengatakan, tunjangan fungsional di Kemenag Tuban belum ada dananya. “Saat ini baru diusulkan. Doakan  saja supaya dananya bisa keluar,” kata Leksono melalui SMS.

TF bagi guru madrasah dicairkan per semester dengan nominal Rp.250 ribu perbulan. Dana sebesar itu diterima secara utuh jika tidak ada potongan terkait dengan administrasi. Bila dikenai pajak dan potongan administrasi, maka nominal dana yang akan diterima bisa berkurang antara Rp.25 ribu hingga Rp.100 ribu setiap kali pencairan. (jbc11/jbc2)

Tags: , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. memang pencairan TF untuk guru madrasah menunggu keputusan dari pusat, akan tetapi selain TF kebanyakan guru madrasah tidak ada pemasukan oleh karena itu pemerentah kabupaten khususunya kemenag yang memegang peranan penting setidaknya memikirkan jalan keluar guru madarasah supaya pendidikan yang dikelolanya tidak goyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*