LBH Surabaya Buka Pengaduan Hakim Nakal

logo : Ist

SURABAYA (jurnalberita.com)Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya meminta kepada masyarakat yang merasa dirugikan perilaku hakim agar tak takut melaporkan ke pihaknya. LBH Surabaya kini mendapat kepercayaan dari Komisi Yudisial (KY) untuk memantau dan menerima pengaduan terkait hakim nakal di seluruh Jawa Tmur (Jatim).

Untuk menampung laporan terkait hakim nakal, LBH Surabaya kini membuka pengaduan atau laporan. Sebagai koordinator menangani pengaduan dalam pemantauan peradilan Jatim, ditunjuk Abdul Fatah.

“Hakim yang bisa dilaporkan misalnya hakim tidak disiplin atau sering menunda agenda sidang tanpa dasar dan alasan yang tidak rasional, hakim tidak profesional dan tidak adil. Selain itu hakim yang tidak berintergritas tinggi, seperi tidur waktu sidang, membaca buku yang tidak relevan dengan perkara yang disidangkan atau bermain HP saat sidang,” terang Fatah.

Fatah menambahkan, syarat mengjukan pengaduan antara lain, harus mencantumkan nama hakim yang dilaporkan dan tempat tugasnya, nama pelapor atau pengadu harus jelas. “Laporan bisa dilayangkan ke LBH Surabaya Jalan Kidal 6 atau datang langsung ke kantor,” ungkapnya..

Tim pemantau peradilan, jelas Fatah, terjun langsung mengamati perilaku hakim di tujuh Pengadilan Negeri (PN), antara lain Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Malang, Kepanjen dan Banyuwangi. “Memang tahun ini baru tujuh PN, tahun depan akan kami tambah lagi,” kata Fatah.

Hasil pemantauan dan pengaduan masyarakat akan diserahkan kepada Komisi Yudisial (KY) untuk ditindaklanjuti. “Kami memiliki kerja sama khusus dengan KY, jadi pengaduan ini langsung ditangani,” tegas Fatah, Senin (1/8/11). (jbc4/rilis)

Tags: , , , , , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. mungkin anda beri saya informasi tentang lbh dimalang,saya korban hakim pengadilan agama kepanjen kabupaten malang,dikasus cerai ghoib saya nilai hakim tidak profesional atas putusan dikasus cerai nomer kasus 5838,kesaksian palsu kok bisa diterimauntuk jelasnya tolong hubungi saya dinomer hp085755286171

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site