Pelindo III Gelar Pasar Murah BUMN Peduli

\"\"

BANYUWANGI (jurnalberita.com) – Melalui program BUMN Peduli, PT Pelindo III (Persero) sebagai salah satu BUMN yang bergerak pada bidang jasa kepelabuhanan, turut menyelenggarakan kegiatan pasar murah bagi masyarakat kurang mampu.

Kegiatan yang mengacu pada Surat Kementrian BUMN Nomor : S-436/MBU/2011 tanggal 25 Juli 2011, tentang Pasar Murah BUMN Peduli 2011 ini, pelaksanaannya dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan tujuan, agar masyarakat kurang mampu dapat ikut merasakan kegembiraan menghadapi Puasa dan Idul Fitri.

Di Provinsi Jawa Timur, tahap  pertama kegiatan pasar murah yang dananya berasal dari BUMN Peduli ini, telah dilaksanakan di Surabaya dan Gresik. Sedangkan pelaksanaan pasar murah tahap II dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri, atau pada minggu kedua dan ketiga bulan Agustus 2011, digelar di wilayah Banyuwangi, Madiun, Mojokerto, Pacitan, Bojonegoro, Probolinggo, Trenggalek, Ponorogo, Gresik,  Pasuruan, Lamongan, Lumajang, Malang, Kediri, Sampang, Situbondo serta beberapa kota/kabupaten lainnya.

PT Pelindo III (Persero) mendapatkan tugas menyelenggarakan pasar murah di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Pelaksanaannya berlangsung selama satu pekan, mulai tanggal 16 Agustus sampai 23 Agustus 2011 di beberapa lokasi.

Lebih dari 15 ribu paket sembako akan disalurkan. Satu paket sembako berisi 5 kg beras, 2 kg gula dan 1 liter minyak seharga Rp 71.400, akan dijual kepada masyarakat dengan harga Rp. 50.000. Dengan kata lain, masyarakat mendapat subsidi atau potongan harga sebesar 30%  dari harga barang di pasaran.

Tanggal 16 dan 17 Agustus lalu, sebanyak 4000 paket sembako disalurkan di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kalipuro sebanyak 3000 paket serta Kecamatan Wongsorejo sebanyak 1000 paket sembako.

Dan pada hari Kamis (18/8/11), sebanyak 2.500 paket sembako disalurkan di kawasan Pelabuhan Boom Banyuwangi dengan disaksikan langsung Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, General Manager PT Pelindo III Cabang Tanjung Wangi, Kosasih serta beberapa tokoh masyarakat setempat.

Direktur Keuangan Pelindo III Wahyu Suparyono dalam sambutannya menyampaikan, program pasar murah ini  bertujuan menjaga stabilitas harga sembako di pasaran, sehingga dapat meringankan beban masyarakat dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri. Sementara itu, Bupati Banyuwangi mengapresiasi positif kegiatan pasar murah yang dilaksanakan melalui program BUMN peduli ini. Ia berharap, program ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang.

Secara nasional, kegiatan pasar murah BUMN Peduli ini, akan dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap I digelar menjelang puasa/awal puasa, tahap II menjelang Idul Fitri dan tahap III akan digelar menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru. (jbc2/pp3)

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*