Penggadai Mobil Rental Diganjar 15 Bulan Penjara

Terdakwa ketika menjalani sidang putusan di PN Gresik, Senin kemarin. (foto : jbc6)

GRESIK  (jurnalberita.com) – Terbukti melakukan penggelapan tiga unit mobil rental, terdakwa Fawani Emiliyah alias Efa warga Jl. Cakra Kembang Desa Kembangan Kecamatan Kebomas divonis Majelis Hakim yang diketuai Fathul Mujib SH dengan hukuman penjara selama 15 bulan.Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU Munarwi SH yang menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 2 tahun.

Dalam putusannya, Majelis Hakim menyatakan, terdakwa terbukti secara sah dan  meyakinkan melakukan tindak pidana penggelapan sesuai dengan pasal 372 KHUP.

“Terdakwa telah menggandaikan tiga unit mobil rental yang disewanya kepada orang lain. Uang hasil gadai mobil tersebut dipergunakan oleh terdakwa untuk kebutuhan pribadinya,” terang Fathul Mujib saat membacakan putusan.

Majelis Hakim juga menyatakan, yang dilakukan terdakwa merupakan tindak pidana. “Untuk mempertangungjawabkan perbuatannya, Majelis menghukum terdakwa dengan hukuman 1 tahun 3 bulan,” tegas Fathul Mujib.

Seperti diberitakan, terdakwa diseret oleh JPU Munarwi SH karena telah melakukan tindak pidana penggelapan 3 unit mobil rental. Perbuatan tersebut dilakukan terdakwa pada bulan Oktober 2010.  Saat itu, terdakwa menghubungi saksi korban Sumadi dan berniat untuk menyewa tiga unit mobil yaitu, Toyota Avansa warna silver dengan Nopol W 1492 AY, Daihatsu Xenia dengan Nopol W 1714 AX dan satu unit lagi bernopol W 1684 AQ.

Tiap unit mobil, dikenakan sewa dengan harga Rp 4.250.000 per bulan. Namun, oleh terdakwa, ketiga mobil rental itu digadaikan kepada Mualim dua unit sebesar Rp 25 juta. Sedangkan satu unit mobil lagi, digadaikan terdakwa kepada Khaumik sebesar Rp 30 juta. (jbc6/jbc2)

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site