Spiritualitas dan Kesehatan

(jurnalberita.com) - Spiritualitas adalah cara kita menemukan makna, harapan, kenyamanan dan kedamaian batin dalam hidup. Banyak orang menemukan spiritualitas melalui agama, dan beberapa lainnya menemukan melalui musik, seni atau hubungan dengan alam. Lainnya menemukannya dalam nilai-nilai dan prinsip.

Bagaimana spiritualitas berhubungan dengan kesehatan? Tidak ada yang benar-benar tahu pasti bagaimana spiritualitas berkaitan dengan kesehatan. Namun, tampaknya tubuh, pikiran dan jiwa saling terhubung. Salah satu kesehatan dari unsur-unsur ini mempengaruhi kesehatan yang lain.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal-hal seperti keyakinan positif, kenyamanan dan kekuatan yang diperoleh dari agama, meditasi dan doa dapat berkontribusi pada penyembuhan dan rasa tenang. Meningkatkan kesehatan rohani mungkin tidak menyembuhkan penyakit, tetapi dapat membantu kita merasa lebih baik, mencegah beberapa masalah kesehatan dan membantu mengatasi sakit, stres atau kematian.

Jika kita ingin meningkatkan kesehatan rohani, mungkin dapat mencoba ide-ide berikut. Namun, ingat bahwa setiap orang berbeda, sehingga apa yang terjadi pada orang lain tidak serta merta berlaku untuk kita.

Melakukan apa yang nyaman, mengidentifikasi hal-hal dalam hidup kita yang meningkatkan rasa batin, kedamaian, kasih-sayang, dan koneksi menjadi salah satu cara terbaik meningkatkan kesehatan spiritual tersebut.

Sisihkan waktu setiap hari untuk melakukan hal-hal yang membantu kita secara rohani. Ini mungkin termasuk pelayanan masyarakat atau menjadi relawan bekerja, berdzikir, berdoa, bermeditasi, membaca buku inspirasional, berjalan-jalan di alam, menyisakan waktu tenang untuk berpikir, melakukan yoga, bermain, olahraga atau menghadiri kegiatan-kegiatan keagamaan. (*)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site