Tak Sesuai Pendidikan, PNS Tolak Mutasi Bupati

PAMEKASAN (jurnalberita.com) – Beralasan jabatan baru yang ditugaskan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, Mohammad Saidi, pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Pamekasan, Madura, Jawa Timur menolak dimutasi oleh bupati.

“PNS ini adalah Mohammad Saidi, staf Bagian Administrasi Sumber Daya Alam (SDA),” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Lukman Hedy Mahdia, Kamis (11/8/11).

Bupati Pamekasan, Kholilurrahman mengangkat Saidi, sebagai Kasi Pembangunan pada Kelurahan Barurambat Kota, Kecamatan Kota, Pamekasan, pada 3 Agustus lalu.

Namun Saidi menolak jabatan barunya itu, dengan alasan kurang tepat meski secara kepangkatan naik, dari sebelumnya IIIb manjadi IVb. Yang bersangkutan juga mendapatkan tunjangan jabatan Rp 490 ribu per bulan.

“Ia menilai pengangkatan jabatan sebagai Kasi Pembangunan tidak tepat, karena pendidikannya strata2 (S2) pada jurusan manajemen,” jelas Lukman.

Menurutnya, penolakan atas mutasi yang dilakukan bupati itu, telah disampaikan langsung oleh Mohammad Saidi kepada Bupati Kholilurrahman pada tanggal 5 Agustus lalu. “Artinya, dua hari setelah keputusan bupati keluar, Saidi ini mengirim surat pengunduran diri,” kata Lukman.

Surat bermaterai Rp 6.000 tentang pengunduran dirinya yang ditujukan kepada Bupati Pamekasan Kholilurrahman, serta ditembuskan kepada Pimpinan DPRD, Komisi A, dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Khairul Kalam mengatakan, penolakan itu merupakan bentuk pukulan terhadap pemkab, serta menunjukkan kinerja Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) kurang oprimal.

“Aspek pendidikan, semestinya dipertimbangkan bagi seseorang dalam menduduki sebuah jabatan,” kata Khairul Kalam.

Mohammad Saidi merupakan satu dari 425 pejabat eselon 2, 3 dan 4 di lingkungan Pemkab Pamekasan yang dimutasi pada tanggal 4 Agustus.

“Tapi dari sebanyak 425 pejabat yang dimutasi itu hanya Mohammad Saidi yang menolak jabatan barunya meski eselonnya lebih tinggi,” pungkas Lukman. (ant/jbc1)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site