90 Persen CJH Pacitan Berusia Lanjut

Ilustrasi / Ist

PACITAN (jurnalberita.com) – Calon jamaah haji asal Kabupaten Pacitan, Jawa Timur tahun ini didominasi oleh mereka yang berusia lanjut. Dari sekitar 149 orang, sebanyak 90 persennya berusia diatas 63 tahun.

Melihat kenyataan tersebut, pihak Kemenag Pacitan mewanti-wanti agar tim medis benar-benar memberikan perhatian ekstra, baik saat pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat maupun saat berada di tanah suci. Sesuai jadwal, pemeriksaan kesehatan, seperti pemberian imunisasi serta hal lainnya akan dilakukan secara menyeluruh pada Rabu (14/9/11) di RSUD Pacitan.

“Daya tahan fisik para jamaah haji yang telah berusia lanjut tentu tak sebaik orang yang lebih muda. Terlebih iklim dan cuaca di Saudi Arabia jauh berbeda dengan daerah asal. Selain memperhatikan rekam medis, dua hal utama akan dilakukan, yakni pemberian vaksin
meningitis dan influenza untuk meningkatkan kekebalan tubuh para CJH saat berada di tanah suci,” ujar petugas Sistem Komputer Haji (Siskohaj) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan, Moh Aziz Purnomo.

Data di Kemenag Pacitan mencatat, tahun ini ada 3 calon jamaah haji (CJH) gagal berangkat ke tanah suci. Dari ketiga jamaah tersebut, satu orang beralasan belum siap mental. Sedangkan dua lainya memilih mundur karena ingin berangkat bersama keluarganya tahun depan.

Kuota jamaah haji dari Kabupaten Pacitan pada tahun 2011 sebanyak 152 orang. 13 orang diantaranya merupakan jamaah haji tambahan yang jumlah naik dua kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun 2010 lalu, jumlah jamaah haji tambahan hanya mencapai 5-6 orang. Jamaah tambahan tersebut berangkat karena mengisi kuota yang masih kosong yang didasarkan pada penetapannya sesuai nomor urut data base online dari Kemenag Pusat.

Aziz menjelaskan, dari keseluruhan calon jamaah haji yang akan berangkat, semua sudah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Apalagi, biaya haji tahun ini turun setelah mata uang rupiah menguat terhadap dollar Amerika. (jbc15/jbc2)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site